Komando Penanganan Darurat Bencana Pastikan Keselamatan Delegasi Pertemuan IMF-Bank Dunia

Senin, 10 September 2018 : 17.16
DENPASAR - Deputi Bidang Kebencanaan dan Kesiapsiagaan BNPB, Ir Bernardus Wisnu Widjaja menegaskan kesiapan Tugas Komando Penanganan Darurat Bencana (PDB) salah satunya memastikan keselamatan delegasi pada pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua Bali bulan Oktober mendatang.

Wisnu mengatakan, BNPB sesuai dengan UU 27/2017 Tentang Bencana Alam, terkait dengan 4 komponen utama dalam bencana, seperti risiko ancaman, pentingnya monitoring, dan diseminasi serta komunikasi.

Tugas Komando Penanganan Darurat Bencana (PDB) antara lain, mengoperasionalkan Komando PDB, kajian situasi publik, kesehatan, komunikasi, transportasi, pemulihan sarpras vital.

"Selainn itu menjaga keselamatan, keamanan dan ketertiban, penyelamatan delegasi pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia," tegasnya dalam rapat koordinasi Satgas Evakuasi Penanganan Darurat Bencana (EPDB) terkait rencana pelaksanaan evakuasi di GOR Praja Raksaka, Kepaon, Denpasar, Senin (10/9/2018)

Selain itu, penanganan wisatawan domistik dan mancanegarai, juga dukungan pemberdayaan untuk operasional PDB di kabupaten/kota.

Terkait kemudahan akses sesuai UU Nomor: 24/2017 pasal 50 (1) dalam hal status keadaan darurat bencana ditetapkan BNPB dan BPBD yang mempunyai kemudahan akses meliputi, pengerahan sumber daya manusia (SDM)

"Kemudian juga pengerahan peralatan dan logistik, imigrasi, bea cukai dan karantina, perijinan, pengadaan barang, pengelolaan dan pertanggung-jawaban uang/atau penyelamatan komando untuk penyelamatkan sektor/lembaga," paparnya.

Turut hadir dalam acara ini antara lain, Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh AM Suharyadi, SIP., MSi., para Asisten Kasdam IX/Udayana, sejumlah Kabalak dan Komandan Satuan Kodam IX/Udayana, Set Panas IMF-WB AM, Polda Bali Kepala BNPB, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kepala BMKG Wilayah Denpasar, Kepala Otoritas Bandara Wil IV, Kepala PVMBG, beberapa pejabat teras Polda Bali, para Kadis Prov Bali, Manager Operasional The Nusa Dua, Kepala ASDP Gilimanuk, dan Kepala Kantor SAR Denpasar serta sejumlah undangan terkait lainnya. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi