Harlah Lalu Lintas Bhayangkara, Polresta Denpasar Kampanyekan Bersepeda ke Sekolah

Sabtu, 22 September 2018 : 22.55
Aksi simpatik berupa pembagian helm standar kepada pengguna jalan di Denpasar
DENPASAR - Momentum peringatan HUT ke-63 Lalu Lintas Bhayangkara dimanfaatkan oleh Satlantas Polresta Denpasar untuk mengkampanyekan tertib berlalu lintas dalam menekan angka kecelakaan dan menghimbau pelajar SMP kembali bersepeda saat pergi ke sekolah.

Kasatlantas Polresta Denpasar Kompol Rachmawaty Ismail memimpin langsung peringatan ulang Lalu Lintas Bhayangkara secara sederhana di Pos Polisi Bundaran Ngurah Rai, Kuta Badung, Sabtu (22/9/2018).

Setelah doa bersama dilanjutkan potong tumpeng dan makan bersama, Rachmawaty lanjut turun ke jalan untuk kampanye safety riding kepada masyarakat pengguna jalan raya. Secara simbolis, dibagikan helm standar kepada pengguna jalan yang melintas di jalan simpang tugu Ngurah Rai, sembari mengajak tertib berlalu lintas.

Peringatan Harlah Lalu Lintas oleh jajaran Satlantas Polresta Denpasar dilakukan dengan berbagai kegiatan aksi sosial dan kampanye transportasi sehat masyarakat (TSM).

Dijelaskannya, angka kecelakaan lalu lintas di Kota Denpasar, tergolonh cukup tinggi sehingga pihaknya berharap dalam upaya menekan angka kecelakaan dengan mengurangi penggunaan sepeda motor khususnya bagi pelajar SMP yang pergi ke sekolah.

"Kami berharap bisa mengurangi kendaraan khususnya roda dua bagi pelajar SMP agar segera beralih menggunakan sepeda, kami kemarin juga sudah melakukan kampanye transportasi sehat masyarakat (TSM) di Renon," tuturnya.

Bagi pelajar SMP kembali ditekankan, agar tidak menggunakan kendaraan roda dua ke sekolah. Mereka dihimbau beralih ke sepeda, sebab selain sehat bagi tubuh juga bisa menanamkan jiwa dan sikap disiplin serta tidak melanggar aturan.

Disinggung sejauh mana dukungan dan kebijakan untuk menyediakan infrastruktur memadai bagi jalur sepeda ke sekolah, Rachmawaty menegaskan telah menjalin komunikasi ke Pemda dan instansi terkait lainnya.

Ia juga mengharapkan, keberhasilan program atau upaya itu semua tidak hanya bergantung kepada polisi saja namun juga dukungan luas masyarakat, instansi pemerintah baik PU, Dinas Perhubungan hingga Dinas Pendidikan.

Juga peran penting para orang tua, dalam mengarahkan anak-anaknya untuk mendukung transportasi sehat masyarakat (TSM) saat pergi ke sekolah.

Kasatlantas Polresta Denpasar Kompol Rachmawaty memimpin acara Syukuran sederhana dalam merayakan HUT ke-63 Lalu Lintas Bhayangkara di Pos Polisi Simpang Tugu Ngurah Rai, Kuta.
Sejatinya, sudah tersedia bus sekolah di Denpasar meskipun dari sisi kuantitasnya masih kurang. Demikian juga, jalur-jalur yang disiapkan bagi sepeda. Diharapkan, kedepan masalah ini bisa dibahas bersama pihak terkait untuk penyempurnaan lebih baik lagi.

Pada bagian lain, Rachmawaty menambahkan, masih serangkain HUT Lalu Lintas Bhayangkara, kegiatan yang sudah dilaksanakan seperti pembagian helm, bunga mawar kepada pengguna jalan.

"Intinya, kami ingin lebih dekat dan dicintai masyarakat," sambungnya. Kemudian, untuk kegiatan bakti sosial seperti membersihkan lingkungan Pura Tanah Kilap di Denpasar dan kunjungan ke Panti Asuhan pada Minggu (23/9/2018).

Puncak peringatan jajaran Satlantas Polresta Denpasar bergabung bersama Ditlantas Polda Bali yang akan melakukan pelayanan SIM keliling di Renon, Denpasar. "Kegiatan terakhir, bersepeda bersama mendukung program transportasi sehat masyarakat, untuk mengajak masyarakat mau bersepeda ke sekolah maupun ke tempat kerja," tutupnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi