Gangguan Kelistrikan PLTU Paiton, Bali Alami Black Out

Rabu, 05 September 2018 : 17.59
Manajer Distribusi PT PLN Distribusi Bali Eko Mulyo HW
DENPASAR - Pulau Bali mengalami mati listrik total selama satu jam lebih yang disebabkan adanya gangguan sistem kelistrikan di PLTU Pacitan, Jawa Timur sehingga tidak bisa mendukung PLTU Paiton yang selama ini mensuplai listrik di Bali.

"Tadi sistem kelistrikan Bali mati total terjadi pukul 12.30 WITA," jelas Manajer Distribusi PT PLN Distribusi Bali, Eko Mulyo HW kepada wartawan Rabu (5/9/2018). Eko mengungkapkan, Pembangkit Paiton ke luar dari sistem yang mensuplai 25 persen kelistrikan di Bali. "Akibatnya sistem listrik Bali mengalami black out,” jelas Eko.

Untuk bisa beroperasi optimal maka PLTU Paiton membutuhkan pendorong untuk menggerakknya salah satunya dari PLTU Pacitan yang mengalami gangguan. Akibatnya, tidak bisa men-support PLTU Paiton.

Dijelaskan Eko, Bali saat ini mendapat pasokan dari Jawa sebesar 25 persen.. Pasokan listrik melalui kabel laut dengan daya 340 MW. "Total daya mampu kita 1290 MW, sisanya pembangkit ada di Pulau Bali. Siang tadi sebelum padam beban puncak kita 680 MW,” sebutnya.

Atas gangguan pasokan itu, Eko memastikan langsung melakukan proses penormalan atau perbaikan. Proses perbaikan dilakukan secara bertahap dan hingga pukul 15.00 WITA, sudah mencapai 75 persen.

Pihaknya belum bisa memberikan penjelasan secara rinci, apakah ada kompensasi bagi pelanggan yang mengalami kerugian listrik Bali mengalami mati total atau black out. Yang pasti, di setiap masing-masing unit, ada TMP (Tingkat Mutu Pelayanan) berapa lama pelanggan dapat kompensasi, semua jelas ada makanisme dan ketentuannya.

Ia juga menegaskan, akan terus melakukan evaluasi untuk terus melakukan perbaikan pelayanan demi kepuasan pelanggan. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi