Dorong Partispasi Publik, NasDem Bali Rancang Saksi Semesta Pemilu

Jumat, 14 September 2018 : 23.08
Ketua DPW Partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa
DENPASAR - Partai NasDem Bali tengah menggodok konsep dan aplikasi sistem partisipasi publik dalam Pemilu dan Pilpres 2019 dengan menjadi saksi semesta. Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa mengungkapkan, sejatinya pesta demokrasi seperti Pemilu atau Pilpres harus disambut dengan suka cita masyarakat.

Selama ini, partispasi masyarakat sebatas dalam pemberian suara untuk memilih wakil-wakil mereka di parlemen atau lembaga legislatif. Gunastawa menegaskan, setiap hajatan pemilu atau pesta demokrasi, harus disambut riang gembira oleh masyarakat sebagai perwujudan kedaulatan rakyat.

Sementara dalam mewujudkan kualitas demokrasi agar pemilu bisa jujur dan adil mencegah permainan angka-angka dan lainnya, sejauh ini, masyarakat belum maksimal dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan pemilu dan pilpres.

"Sejak awal, kami ingin bangun persepsi bahwa pemilu tidak boleh main-main, kami menawarkan konsep saksi semesta melibatkan partisipasi seluruh masyarakat," tegas Gunastawa ditemui di Kantor DPD NasDem Bali Jalan Tukad Batanghari Denpasar, Jumat (14/9/2018).

Nantinya, dengan dukungan infrastruktur dan sistem saksi semesta yang akan dilaunching 23 September ini, bisa lebih banyak masyarakat yang terlibat dan meningkatkan partisipasi politik mengawali suara mereka.

Mereka bisa melakukan pengawasan langsung jalannya pemilu dan pilpres di tempat tinggal masing-masing. Dengan sistem dan mekanisme pelaporan yang dibuat memungkinkan masyarakat bisa cepat dan efektif melaporkan proses tahapan pemilu mulai pemungutan hingga penghitungan suara.

"Kami ingin masyarakat tidak hanya sebatas memberikan suara namun juga memastikan hak suara mereka dikawal dengan baik, mencegah penggelembungan suara, permainan oknum petugas hingga tindak manipulatif lainnya," tegas dia.

Dengan melakukan pengawasan langsung seperti menggunakan kamera atau peralatan pendukung lainnya, maka akan bisa merekam atau mendokumentasikan terjadinya segala bentuk kecurangan.
Mainset bahwa pengawasan penyelenggaraan pemilu menjadi urusan petugas harus diubah bahwa masyarakat berhak dan bisa melakukan pengawasan menjadi saksi semesta.

Bagi Partai NasDem sejatinya saksi semesta telah digulirkan saat Pilgub Bali namun karena sosialisasi waktunya singkat sehingga masih lebih banyak kader yang bekerja. Pihaknya ingin saat masa kampanye mendatang bisa mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat menjadi saksi semesta guna menjamin berjalannya demokrasi.

"Target kami kaum millenial sebab mereka memiliki kesempatan yang besar sekaligus menjadi ajang pendidikan politik," demikian Gunastawa. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi