Dewan Minta BPBD Pasang Peta Bencana di Karangasem

Sabtu, 01 September 2018 : 00.30
AMLAPURA- Kalangan dewan meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera memasang peta desa bencana di Karangasem.

Anggota DPRD Karangasem Komang Sudanta meminta agar BPBD memasang peta tersebut di desa desa agar warga bisa membaca terkait bencana sehingga mereka paham apa yang harus dilakukan.

Kepala Pelaksana BPBD sendiri belum bisa melakukan itu memasang peta tersebut karena keterbatasan anggaran. Kedepan akan disusun rencana tersebut untuk bisa dianggarkan.

Padahal, gempa Lombok  menimbulkan dampak di Karangasem.

Ketua Pelaksana BPBD Karangasem IB Ketut Arimbawa mengakui dari perhitungan sementara kerugian akibat gempa mencapai Rp 62 miliar.

Kerusakan ada 20 bangunan mengalami rusak berat seperti Pengadilan Agama Karangasem, Lapas Karangasem dan juga Lapas Anak Karangasem serta beberapa rumah dan Pura di Ban, Kubu.

Kerusakan ini belum termasuk kerusakan sekolah. Kerusakan Gedung DPRD Karangasem sekalipun rusak cukup parah di lantai III namun termasuk katagori rusak ringan. klasifiksi kerusakan ini sudah dikeluarkan Dinas PUPR Karangasem.

“Ini masih data kerugian sementara, karena ada korban yang belum dilaporkan,” ujar Arimbawa disela sela rapat kerja dengan Komisi IV DPRD Karangasem kemarin.

Arimbawa memaparkan program kerja yang telah dan akan dilakukan untuk mengatasi bencana dan pasca bencana di Karangasem. Kedepan BPBD akan terus mendorong sekolah aman bencana.

Kegiatan ini sendiri dalam bentuk sosialisasi dan edukasi ke seklah sekolah. sehingga anak anak nantinya bsia berbuat apa saat terjadi bencana.

“Minimal mereka bisa menghindar dan harus melakukan apa ketika terjadi gempa atau bencana lainya,” imbuhnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi