Bupati Tabanan Serahkan 23 Ton CBP untuk Nelayan

Selasa, 25 September 2018 : 11.07
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiuryastuti berfoto bersama perwakilan nelayan penerima CBP dan ahli waris penerima klaim asuransi nelayan Jasindo
TABANAN - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menyerahkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sejumlah 23,049 ton kepada keluarga nelayan di kabupaten Tabanan, Bali. Penyerahan CBP secara simbolis kepada perwakilan nelayan Tabanan dilakukan Bupati Eka di wantilan Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Selasa (25/9/2018).

Bupati Eka Wiryastuti dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Tabanan akan selalu memperhatikan dan mendampingi warganya dalam menghadapi berbagai permasalahan. Kali ini nelayan Tabanan yang mengalami permasalahan tidak bisa melaut menafkahi keluarganya akibat ombak besar.

"Mengetahui permasalahan yang tengah dihadapi nelayan, Pemerintah Kabupaten Tabanan segera menyikapi dengan merujuk pada aturan yang telah ada. Yaitu membantu nelayan dengan mengambil langkah cepat mengusulkan kepada Perum Bulog divisi regional agar jatah cadangan beras pemerintah(CBP) untuk Kabupaten Tabanan dapat disalurkan dengan harapan dapat mengurangi beban dalam memenuhi kebutuhan hidup nelayan," paparnya.

Menurut Bupati Eka, penyaluran CBP di Kabupaten Tabanan ini adalah kali ke enam kepada nelayan. Tahun 2011 CBP yang disalurkan kepada nelayan 7,7 ton. Tahun lalu 19 ton. Tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 23 ton.

“Bantuan ini diberikan sebagai wujud kepedulian Pemkab Tabanan terhadap nelayan. Mudah –mudahan bantuan ini bisa membantu melanjutkan kehidupan nelayan kita,” harapnya.

Disebutkan, penyaluran CBP ini merupakan bentuk rasa cinta dan perhatian terhadap kehidupan nelayan atau kaum marhen. Program –program pro rakyat seperti ini akan terus dilanjutkan, sehingga apa yang menjadi Visi Tabanan Serasi, yakni Tabanan Sejahtera, Aman dan Berprestas bisa tercapai," paparnya.

Selain menyerahkan CBP, pada kesempatan tersebut Bupati Tabanan juga menyerahkan klaim asuransi nelayan dari Asuransi Jasindo sejumlah Rp 40 juta kepada ahli waris I Nyoman Dudy Perianantara, nelayan dari Desa Bajra, Kecamatan Selemadeg yang beberapa waktu lalu meninggal dunia.

Sebelumnya, Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tabanan I Ketut Arsana Yasa melaporkan pihaknya memohon CBP kepada pemerintah karena adanya cuaca buruk, angin kencang dan gelombang tinggi beberapa bulan yang lalu berdampak kepada para nelayan yang tidak bisa melaut dan menafkahi keluarganya.

"Terima kasih kepada ibu Bupati Tabanan dan isntansi terkait serta Ketua DPRD Bali yang memberikan respon cepat terhadap usulan kami sehingga hari ini nelayan di Tabanan bisa menerima CBP sejumlah 23,049 ton," katanya.

Arsana Yasa yang akrab dipanggil dengan nama Sadam ini menuturkan, dengan penyaluran CBP ini diharapkan dapat meringankan beban nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun kelompok nelayan yang menerima Cadangan Beras Pemerintah(CBP) sebanyak 73 kelompok dengan jumlah anggota 4.116 jiwa.

”Dari total CBP 23,049 ton akan disalurkan kepada 73 kelompok nelayan yang tersebar di enam kecamatan wilayah pesisir untuk Kecamatan Kediri, Tabanan, Selemadeg Timur masing-masing 8 kelompok, Kerambitan 18 Kelompok, Selemadeg 12 Kelompok dan Selemadeg barat 19 kelompok," jelasnya.

Hadir di acara tersebut Ketua DPRD Bali yang juga Pembina DPC HNSI Tabanan Nyoman Adi Wiryatama, Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Asisten II Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Miarsana, Sejumlah Kepala OPD terkait, Perwakilan Bulog dan Pewakilan Asuransi Jasindo Denpasar. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi