Angka Kecelakaan Tinggi, Polresta Denpasar Harapkan Pelajar Beralih ke Sepeda

Senin, 24 September 2018 : 06.30
Kasatlantas Polresta Denpasar Kompol Rachmawaty Ismail saat mengunjungi Panti Asuhan Al Ittihad Rasyid wa Habib serangkaian peringatan Hari Lahir Lalu Lintas Bhayangkara ke-63
DENPASAR - Tingginya angka kecelakaan di Kota Denpasar membuat aparat kepolisian terus mengkampanyekan transportasi sehat masyarakat (TSM) yang mengharapkan para pelajar SMP untuk beralih menggunakan sepeda saat pergi ke sekolah.

Kasat Lantas, Kompol Rahmawaty Ismail mengatakan, sesuai tema Hari Lalu Lintas Bhayangkara tahun ini, yakni Dengan Semangat Promoter, Polantas Mengimplementasikan Road Safety Melalui E - Policing Menuju Zero Accident, digelar berbagai kegiatan.

"Kegiatan kami berbagi dengan masyarakat dalam rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara ini, agar kami lebih dicintai juga oleh masyarakat," ungkapnya, Minggu 23 September 2018.

Tidak hanya pembagian helm dan bunga kepada para pengendara. Sat Lantas Polresta juga bergabung dengan Dit Lantas Polda Bali dalam aksi donor darah dan pelayanan SIM keliling di lapangan Renon dan mensosialisasikan tertib berlalu lintas.

Agenda penting dalam Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 63 ini adalah mengkampanyekan Transportasi Sehat Masyarakat (TSM), yaitu bersepeda dan berjalan kaki ke sekolah atau tempat kerja.

Sebab, TSM memiliki korelasi terhadap strategi menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas). "Angka kecelakaan di Denpasar cukup tinggi. "Kami berharap untuk sedikit mengurangi kendaraan roda dua, beralihlah ke sepeda," ucap perwira ramah asal Makassar ini.

Pihaknya sudah mengampanyekan TSM, dan mengimbau pelajar - SMP khususnya, untuk menggunakan sepeda. "Karena selain sehat, kita juga menanamkan disiplin buat mereka untuk tidak melanggar aturan yang ada," ujarnya.

Mengenai infrastruktur, Polwan asal Makasar ini mengaku hal tersebut menjadi konsern seluruh instansi terkait. Selain penyediaan infrastruktur oleh pemerintah, juga memerlukan dukungan nyata dari masyarakat.

"Kami tidak bisa bekerja sendirian. Kami berharap instansi terkait, Dinas Perhubungan, Dinas PU, Dinas Pendidikan dan terutama keterlibatan orang tua untuk benar - benar menjaga anaknya untuk ikut mensukseskan program ini," imbuhnya

Sementara itu, aksi sosial dilakukan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Denpasar. Dalam rangka memperingati HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 63, dipimpin Kompol Rahmawaty mengunjungi Panti Asuhan Yayasan Al Ittihad Rasyid Wa Habib di Denpasar dan membersikan Pura Luhur Candi Narmada.

Sehari sebelumnya, dilakukan pembagian helm dan bunga kepada para pengendara di Simpang Tugu Ngurah Rai. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi