16 Negara Ramaikan Youth Leaders Basketball Cup di DSM Kuta

Minggu, 09 September 2018 : 18.01
Peserta IBF Youth Leaders Basketball Cup 2018 di DSM Kuta
BADUNG - Sebanyak 16 negara mengikuti ajang IBF Youth Leaders Basketball Cup 2018 yang digelar di Amphiteater Discovery Shopping Mall (DSM) Kuta Bali. Event Manager 3x3Indonesia Dwui Eriano mengungkapkan, pada ajang ini setiap negara mengirimkan dua tim putra dan putri.

"Mereka datang ke Bali, tidak hanya bertanding basket, tetapi mengikuti workshop tentang kepemimpinan hingga basketballforgood," jelasnya di sela kejuaraan di Kuta Minggu (9/9/2018).

Yang menarik, pada kejuaraan dunia ini, semua tim tidak ada pelatih, melainkan mereka sendiri yang terdiri dari empat pemain itu bertanggungjawab penuh terhadap timnya masing-masing. Mereka yang mengatur sendiri, strategi dan menjalankan tugas seperti pelatih selama pertandingan.

Ditambahkan, Dwui, dalam workshop kepemimpinan itu semua pemain mendapatkan materi pemahaman tentang kedispilinan, bagaimana menjadi atlet yang disampaikan para mentor dalam dan luar negeri yang kompeten di bidang basket.

Selain kegiatan dalam ruangan atau kelas, peserta juga diajak untuk turun di lapangan dalam aksi bakti sosial membersihkan sampah di Pantai Kuta. "Mereka dilibatkan dalam aksi CSR turun ke membersihkan pantai dari sampah," sambungnya.

Tujuan kegiatan itu, agar peserta bisa juga belajar dari pengalaman orang Jepang yang sangat peduli terhadap lingkungan sekitar. Bagaimana, kaum muda itu memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan dan menetukan masa depan bangsa.

"Intinya, peserta tidak hanya main bertanding basket namun mendapatkan bekal penting bagaimana mengelola sebuah event olahraga basket seperti sekarang ini," tutur mantan klub basket papan atas Satria Muda ini.

Selain penyisihan tim sampai ditemukan juaranya pada kejuaraan ini, juga diramaikan kejuaraan antar sekolah yang diikuti 66 tim dari Kota Denpasar, Badung dan kabupaten lainnya di Bali.

Tim basket dari sejumlah sekolah di Bali yang turut menyemarakkan Youth Leaderes Basketball Cup di DSM Kuta
Tim-tim yang terdiri kategori U-18 putra dan putri dari sejumlah sekolah di Bali dengan sistem gugur itu, juga akan menentukan siapa juara atau pemenangnya. "Tidak hanya mencari juara tim basket, ada juga kompetisi mencari satu pemain terbaik kategori shootout kontes dan skill challange," sambungnya.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Induk organisasi bola basket nasional (PERBASI) dan internasional (FIBA) yang memutuskan tempat kejuaraan dunia ini digelar di Bali.

Dwui menambahkan, mengingat cabang ini sudah masuk dalam salah satu cabang di hajatan tingkat dunia seperti Olimpiade dan Asian Games sehingga diharapkan lewat ajang ini bisa mempersiapkan atlet-atlet terbaik yang akan berlaga di ajang tersebut.

Kegiatan ini mendapat antusiasme masyarakat dan wisatawan lainnya yang turut menyaksikan ajang yang kedua kalinya digelar di SDM Kuta.

Marketing Communications Manager Discovery Shopping Mall Juli Erliyanto menegaskan, rasa bangga DSM menjadi tempat terselenggaranya event internasional yaitu 3x3 Youth Leaders Basketball Cup 2018 yang diikuti negara-negara kawasan Asean dan Pasific.

"Event ini baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia, hasil kerjasama Discovery Shopping Mall, 3x3 Indonesia dan International Basketba Foundation," imbuh Erliyanto. Terpilihnya DSM, salah satunya karena lokasi yang strategis dengan latarbelakang pemandangan Pantai Kuta yang Indah.

"Dengan Kegiatan international seperti ini, tentu saja dapat semakin mempromosikan Bali dan meningkatkan kunjungan wisatawan," harapnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi