Warga Tabanan Galang Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Jumat, 10 Agustus 2018 : 18.44
Santri putra dari Yayasan Bali Bina Insani La Royba membantu IKBL Tabanan mengumpulkan dana untuk korban gempa Lombok di Jalan By Pass Soekarno
TABANAN – Warga Tabanan, Bali dari berbagai komunitas menggalang bantuan dan donasi untuk para korban gempa di Lombok. Mereka menggalang bantuan melalui media sosial WhatsAps, dari rumah ke rumah maupun di jalan dan tempat-tempat strategis lainnya.

Warga perantau asal Lombok yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Lombok (IKBL) bersama Jam’iyah Jamu Takwa misalnya, beberapa hari terakhir ini menggelar aksi penggalangan dana dengan turun di beberapa ruas jalan di Tabanan.

IKBL tampak mengerahkan puluhan santri dari Yayasan Bali Bina Insani La Royba berpakaian pramuka secara bersama-sama turun ke jalan di seputar kota Tabanan. Demikiian juga beberapa relawan dari Jam’iyah Jamu Takwa ikut turun ke jalan menggalang donasi.

Ketua IKBL Tabanan, Haji Rizal Yasri menegaskan, akibat gempa utama berkekuatan 7,0 SR dan gempa susulan 6,2 SR membuat warga Lombok saat ini dalam kondisi memperihatinkan. Warga saat ini bukan hanya kelaparan, namun sangat membutuhkan berbagai kebutuhan lainnya seperti sembako, pakaian, terpal, air minum dan lainnya.

“Semua kami lakukan karena alasan kemanusian mengingat para korban gempa Lombok sangat membutuhkan bantuan,” papar Haji Rizal disela-sela aksi donasi galang gempa Lombok di Jalan By Pass Soekarno, Jum'at (10/8/2018) sore.

Disebutkan, untuk penggalangan bantuan bagi korban gempa di Lombok, Rizal membuka Posko Bersama Peduli Korban Gempa Lombok di kantornya PT. Surya Jaya Trans Jln. By Pass Soekarno No.32 Tabanan

"IKBL membuka Posko Bersama dengan komunitas Jamu Taqwa, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Tabanan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tabanan, Jartingan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) Tabanan," katanya.

Menurut Rizal, bantuan berupa barang maupun uang yang dikumpulkan dari beberapa komunitas tersebut, dikumpulkan di Posko Bersama untuk didata dan dipacking selanjutnya dibawa ke Lombok menggunakan truk dari PT. Surya Jaya Trans.

Relawan Al Muhajirin RWM Perumnas BSI Tabanan, tengah mengumpulkan dan menyortir bantuan berupa pakaian layak pakai untuk korban gempa Lombok
Aksi penggalangan bantuan untuk korban gempa Lombok juga dilakukan Relawan Al Muhajirin dari Rukun Warga Muslim (RWM) Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI), Tabanan sejak beberapa hari terakhir ini.

selain didukung oleh sejumlah Majelis Taklim (MT) yang ada di Perumnas BSI, Relawan Al Muhajirin ini juga mendapat dukungan dari Takmir Masjid Al Muhajirin yang menyerahkan semua hasil donasi di kotak amal yang diedarkan saat Sholat Jum'at, (10/8/2018).

"Selain sembako, terpal, perlengkapan sekolah dan belasan karung baju layak pakai, saat ini juga sudah terkumpul uang sekitar Rp 14,6 juta hasil donasi dari warga dan kotak amal Masjid Al Muhajirin," ujar Sulistiono, salah seorang anggota Relawan Al Muhajirin saat dikonfirmasi, Jum'at (10/8/2018).

Menurut Sulis, bantuan yang sudah terkumpul di Posko Relawan Al Muhajirin di Masjid Al Muhajirin akan segera diangkut dan didistribusikan ke Lombok menggunakan truk box bantuan dari PT. Supra Dynasty, Denpasar.

Sebelumnya, Yayasan Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Kabupaten Tabanan juga melakukan penggalangan bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai dan dana untuk korban bencana gempa di Lombok.

Selain bantuan tersebut, SPMAA Tabanan juga mengirimkan sejumlah relawan yang tergabung ke dalam Santri Tanggap Bencana (Santana) langsung ke lokasi terdampak gempa di Lombok Timur dan Lombok Utara membantu para korban selamat.

"Bantuan sudah dibawa ke Lombok dan didistribusikan oleh para relawan Santana yang berangkat ke lokasi bencana dua hari setelah gempa. Tadi sore bantuan gelombang ketiga berupa air minum, sembako, baju layak pakai dan terpal juga sudah dibawa ke Lombok," ujar H. Warso, Ketua SPMAA Tabanan yang saat ini berada di Lombok saat dikonfirmasi melalui HP, Jum'at (10/8/2018) malam. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi