Wakil Bupati Sanjaya Apresiasi Lomba Ceki

Minggu, 05 Agustus 2018 : 12.49
Wabup Tabanan Komang Gede Sanjaya memberikan bantuan dana punia saat menghadiri pembukaan lomba ceki di Desa Kukuh, Kecamatan Marga
TABANAN - Wakil Bupati (Wabup) Tabanan Komang Gede Sanjaya mengapresiasi dan mendukung lomba ceki yang digelar warga masyarakat Banjar Munggal, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Bali, Minggu (5/8/2018) pagi.

"Saya selaku Wakil dari Pemerintah Daerah, akan selalu mensuport kegiatan positif yang dilaksanakan masyarakat, apalagi berlandaskan dengan kekompakan dan semangat Gotong-royong," ujar Wabup Sanjaya.

Menurut Wabup Sanjaya, setelah direalisasikannya permainan Ceki menjadi olahraga rekreasi pada tahun 2009 lalu, kini meceki kian semarak dilaksanakan di Tabanan sebagai ajang penggalian Dana yang dikemas dalam ajang Lomba Ceki.

"Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Banjar Munggal, Desa Kukuh ini, lomba ceki dikemas dengan sedemikian rupa sebagai ajang penggalian dana dalam rangka pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih di Pura Anyar Amerta Sari," katanya.

Disebutkan, paradigma masyarakat sekarang ini tentang meceki sudah mulai beralih, yang dulunya permainan yang diadopsi dari negeri tiongkok ini yang dipandang hanya semata-mata judi namun sekarang telah beralih menjadi suatu hiburan dan terlebih sebagai ajang mempererat tali persaudaraan dan persatuan serta silaturahmi bagi masyarakat melalui lomba ceki.

"Ceki ini sudah ada sejak dulu yang dibawa bangsa China ke Bali, dan sampai saat ini sangat digemari oleh masyarakat Bali. Meceki bukanlah semata-mata judi, meceki bahkan bisa menjadi alat pemersatu krama atau masyarakat jika kita manfaatkan secara benar seperti penggalian dana ini," papar Wabup yang baru saja meraih gelar Doktor ini.

Sebelumnya, I Wayan Suartana selaku panitia acara melaporkan bahwa lomba cekian ini merupakan ajang penggalian dana untuk menyonsong karya atau upacara Dewa Yadnya yang akan dilaksanakan di Pura Anyar Amerta Sari, 24 September 2018 mendatang.

"Selain lomba ceki, sebelumnya kami juga sudah menggelar lomba mancing untuk sebagai ajang penggalian dana," katanya. Suartana berharap, kedatangan Wabup Sanjaya sebagai wakil dari Pemerintahbisa memperhatikan juga membantu apa yang menjadi kendala di masyarakat.

Terutama masalah dana, pihaknya merasa cukup kesulitan mengumpulkan dana meskipun masyarakat Munggal sudah dengan semangat dan penuh persatuan mewujudkan hal tersebut.

"Harapan kami pemerintah bersedia membantu pendanaan untuk kegiatan upacara Dewa Yadnya di Pura Anyar Amerta Sari, sehingga nantinya bisa meringankan beban dari masyarakat kami", ungkapnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi