Wah, Ada 1.800 Penari Siap Meriahkan Tanah Lot Art & Food Festival #2

Jumat, 10 Agustus 2018 : 17.12
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti di antara para penari Tari Rejang Sandat Ratu Segara yang tengah berlatih di SMAN Kediri beberapa waktu lalu
TABANAN - Ada 1.800 orang penari yang akan menarikan Tari Rejang Sandat Ratu Segara untuk memeriahkan pembukaan Tanah Lot Art & Food Festival #2, pada hari Sabtu 18 Agustus 2018, jam 18.00 Wita mendatang.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengemukakan hal itu saat menggelar jumpa pers di warung Subak, Tanah Lot, Tabanan, Bali, Jum'at (10/8/2018) siang.

"Rencana semula, penari yang akan dilibatkan sejumlah 3.600 orang. Namun karena lokasinya tidak memungkinkan, jumlah penari dikurangi setengahnya jadi 1.800 orang plus 100 orang penari sebagai cadangan," katanya.

Menurut Bupati Eka Wiryastuti para penari tersebut berasal dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan. Para penari sudah berlatih menarikan Tari Rejang Sandat Ratu Segara ini selama sekitar dua bulan dan sudah sangat siap.

"Tari Rejang Sandat Ratu Segara ini merupakan tarian sakral bersifat magis dan misterius seperti sifat laut yang tidak bisa ditentukan dalamnya. Tari ini sejatinya merupakan sebuah tari persembahan kepada laut dan penguasnya yang telah memberikan energi dan kehidupan kepada umat manusia," paparnya.

Bupati Eka yang juga sebagai pencetus ide dan pencipta Tari Rejang Sandat Ratu Segara ini menambahkan, sebagai tarian yang bersifat sakral dan suci, Tari Rejang Sandat Ratu Segara tidak bisa ditarikan secara sembarangan di tempat sembarangan.

"Sebelum tarian digelar harus diadakan ritual terlebih dulu. Demikian juga penarinya harus bersih dan tidak sedang leteh/berhalangan (menstruasi). Oleh karena itulah, saat launching tarian ini nanti kami siapkan 100 orang penari cadangan," jelasnya.

Selain Tari Rejang Sandat Ratu Segara sebagai ikon, Tanah Lot Art & Food Festival #2 yang mengusung thema Bhakti Pujaning Segara yang akan digelar selama tiga hari 18-20 Agustus 2018 ini juga akan menampilkan aneka kuliner khas Tabanan.

"Untuk memanjakan pengunjung, juga dihadirkan 10 barista terbaik di Tabanan yang akan menyajikan produk kopi Robusta yang saat ini sudah memiliki nama besar di komunitas pecinta kopi di Indonesia," tambahnya.

Bupati Eka juga menyebutkan, Tanah Lot Art & Food Festival #2 ini juga akan menampilkan artis-artis ibukota seperti Robby Purba, Indra Herlambang dan Melaney Ricardo sebagai MC yang akan memandu selama Festival.

Panitia juga akan menghadirkan Chef Billy dan Farras Fatik yang akan mengolah kuwir menjadi olahan modern.

"Sepert festival yang pertama, kuwir tetap diangkat sebagai identitas kuliner Tabanan. Namun pada even ini olahan kuwire yang diangkat adalah urban food atau olahan kuwir modern," pungkasnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi