Wabup Sanjaya Apresiasi STEB Tebar Benih Ikan di Sungai

Senin, 13 Agustus 2018 : 10.26
Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya saat menebarkan benih ikan nila di perairan umum sungai di Desa Dauh Peken, Tabanan, bali
TABANAN - Wakil Bupati (Wabup) Tabanan I Komang Gede Sanjaya didampingi sejumlah tokoh masyarakat, Anggota Sekhe Truna Truni Eka Budhi (STEB) Tegal Belodan bersama Karang Taruna Dharma Kumara Dauh Peken menebarkan 5.000 ekor benih ikan nila di Sungai Subak Kotapala Tegal Belodan, Desa Dauh Peken, Tabanan, Bali, Minggu (12/8/2018).

Wabup Sanjaya sebelum menebarkan benih ikan dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungannya kepada STEB yang menyambut ulang tahunnya ke 48 mengisi dengan kegiatan positif melakukan penebaran benih ikan di perairan umum sungai yang ada di desa setempat.

"Apa yang dilakukan Sekhe Truna Truni Eka Budhi ini perlu didukung dan ditiru oleh sekhe truna truni lainnya yang ada di Kabupaten Tabanan karena penebaran benih ikan merupakan salah satu upaya dalam pelestarian lingungan, utamanya lingkungan perairan umum sungai," katanya.

Terkait telah ditebarnya benih ikan di perairan umum sungai tersebut, Wabup Sanjaya menghimbau kepada warga masyarakat agar turut menjaga dan merawatnya dengan baik sehingga benih ikan yang ditebarkan bisa tumbuh besar dan berkembangbiak.

"Kalau sudah besar boleh ditangkap dengan cara dipancing. Tidak boleh menangkap menggunakan racun, strum atau alat dan bahan terlarang lainnya yang bisa membunuh benih dan induk ikan serta merusak lingkungan perairan umum sungai," himbaunya.

Sebelumnya, Ketua STEB Putu Agus Rika Adiputra menyebutkan, penebaran benih ikan untuk menyambut HUT STEB ke 48 ini selain untuk menjaga kelestarian lingkungan perairan umum, juga bisa untuk memupuk jiwa kebersamaan serta persatuan dan kesatuan warga masyarakat, khusunya anggota STEB.

“Dengan ditebarnya benih ikan, secara tidak langsung anggota STEB dan masyarakat akan ikut menjaga kelestarian ekosistem ikan di sini. Baik dengan tidak melakukan penangkapan ikan maupun dengan bergotong-royong membersihkan sungai yang ada ikannya. Dalam jangka waktu 5-6 bulan ke depan benih ikan yang ditebarkan sudah bisa ditangkap dengan alat yang ramah lingkungan,” paparnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi