Turunkan Prevalensi Kanker, Wabup Artha Buka Pelatihan Kader PKTP Karangasem

Rabu, 01 Agustus 2018 : 18.12
KARANGASEM- Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa membuka pelatihan Kader Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Kabupaten Karangasem, Rabu (1/8/2018) di Aula Dispustaka Karangasem.

Wabup Artha mengatakan, abad 21 masalah kanker merupakan masalah internasional, sebagai salah satu penyakit progresif yang berakhir dengan kematian.

Untuk itu, diperlukan pola pengenalan penyakit kanker sejak usia dini dengan melaksanakan program PKTP di sekolah-sekolah, dengan tujuan meningkatkan lingkungan sehat di sekolah.

"Menumbuhkan partisipasi budaya hidup sehat di sekolah, menciptakan interaksi harmonis disekolah dan menciptakan lingkungan bebas kanker," katanya.

Guna mendukung pelaksanaan kegiatan PKTP di Kabupaten Karangasem maka Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Karangasem melaksanakan pelatihan PKTP dengan peserta Ketua PKTP se- Karangasem, Bidan Puskesmas, Ketua Tim Penggerak PKK se-Kab. Karangasem beserta Guru/Sekolah binaan PKTP.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberi pembekalan dan meningkatkan kompetensi bagi peserta yang merupakan Tim PKTP Tingkat Kecamatan yang nantinya selaku pembina di wilayah kerja.

Dengan demikian, kegiatan PKTP yang merupakan pelopor utama bergeraknya program peduli Kanker sejak beberapa tahun yang lalu.

Hal ini dapat membantu menurunkan angka prevalensi penyakit kanker yang persentase orang yang mengidap penyakit kanker dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Ketua YKI Kabupaten Karangasem Sarini Arta Dipa menyampaikan, tahun 2017 kegiatan YKI Cabang Karangasem disamping melaksanakan pelatihan, juga sudah melaksanakan lomba  dalam rangka pelaksanaan kegiatan Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Program Sekolah Kategori SD, SMP, dan SMA Tingkat Kabupaten Karangasem.

Lomba tersebut sangat bermanfaat karena dapat memasyarakatkan penanggulangan kanker secara dini dan melalui kegiatan lomba diharapkan siswa mampu memahami tentang penyakit kanker serta usaha-usaha yang hendak dilakukan dalam rangka pencegahan.

Peserta pelatihan terdiri dari tim penggerak PKK Kabupaten Karangasem (PORJA IV)  berjumlah 4 orang,  Puskesmas se-Kabupaten Karangasem masing-masing 1 orang beejumlah 12 orang. Tim penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Karangasem (POKJA IV)  masing-masing 2 orang berjumlah 16 orang dan jumlah keseluruhan 32 orang.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari 1-3 Agustus 2018 di Sekretariat PKK Kabupaten Karangasem.
Materi pelatihan diantaranya kebijakan pemerintah daerah terhadap penanggulangan kanker terpadu paripurna, kebijakan pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan lainnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi