Tiga Minggu, Ratusan Pramuka Saka Bahari Digembleng di KRI Bintuni

Jumat, 31 Agustus 2018 : 07.06
SURABAYA-  Ratusan Pramuka Saka Bahari perwakilan seluruh provinsi dididik para prajurit TNI AL di atas kapal perang TNI AL KRI Teluk Bintuni-520 yang berlayar menuju Nusa Tenggara Barat (NTB).

Para pramuka on board di kapal perang dalam rangka mendukung dan berpartisipasi menyukseskan Sail Moyo Tambora 2018 yang dipusatkan di Pelabuhan Badas, Pulau Sumbawa, NTB.

Mereka tergabung dalam kegiatan “Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara-8)” akan berlayar kurang lebih selama tiga minggu dengan kapal perang menuju Pulau Lombok, Pulau Sumbawa dan Pulau Medang wilayah NTB.

Pelantara-8 dengan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kolonel Laut (P) Sukrisno, sehari-hari menjabat Kepala Sub Dinas Pembinaan Kemampuan (Kasubdispuan) Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar).

Pelantara ini memiki tujuan melaksanakan pembinaan terhadap generasi muda Saka Bahari dalam rangka “Nation Character Building”.

Selain Pramuka Saka Bahari Kegiatan Pelantara-8 ini diikuti juga Bela Negara Kementerian Pertahanan RI dan Putra-putri Maritim (PPMI) dan mahasiswa Polimarin.

Pelantara-8 berangkat pada 29 Agustus 2018 dari Dermaga Koarmada II Ujung Surabaya dilepas Kadispotmar Brigjen TNI Marinir Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr (Han). Dan pejabat Utama TNI AL yang ada di Surabaya dengan upacara militer.

Selama perjalanan di atas kapal perang para siswa siswi Saka bahari ini dibekali materi tentang kemaritiman dan keangkatanlautan dan wawasan nusantara serta bela negara.

Selama on board anggota pramuka ini diperkenalkan peralatan-peralatan serta penjelasan fungsinya masing-masing yang ada di KRI Teluk Bintuni-520 yang dikomandani Mayor Laut (P) Suroto, M.tr (Hanla) ini.

Kegiatan Pelantara-8 rencananya antara lain, bakti sosial dan peduli lingkungan, kunjungan kerja, temu tokoh masyarakat, mengikuti pembekalan dari pejabat wilayah yang dikunjungi, wisata sejarah, pentas seni budaya, karnaval nusantara, sosialisasi dan pembekalan di sekolah-sekolah.

Juga, penyerahan bahan kontak dan Kemah Pesisir serta ikut partisipasi pada acara puncak Sail Moyo Tambora 2018 tanggal 9 September di pelabuhan Badas yang rencananya dihadiri Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.(des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi