Singgahi Palembang, KRI Dewaruci Meriahkan Asian Games 2018

Jumat, 17 Agustus 2018 : 20.47
Turut memeriahkan “Asian Games XVIII”, KRI Dewaruci menggelar “open ship” bagi masyarakat umum di Kota Palembang, Jumat (17/8/2018).
PALEMBANG - Dalam rangka mendukung peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dan “Road to Asian Games XVIII” di Palembang, Kapal layar latih TNI Angkatan Laut (AL) KRI Dewaruci bertolak dari Dermaga Plaju III menuju Dermaga Boom Baru, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (16/8/2018).

Kedatangan KRI jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II membawa Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Laksdya TNI (Purn) Djoko Sumaryono dan Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo, SH., M.Tr. (Han).

Kedatangannya, disambut pengalungan selendang dan topi khas Palembang disematkan langsung oleh Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin yang merupakan Sultan Palembang Darussalam.

Diiringi marching band Garuda Palembang binaan Kodim 0418 dan penampilan tari Tanggai, Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo. Kepada awak media Waluyo mengatakan, KRI Dewaruci datang ke Palembang merupakan kali kedua setelah pertama mengunjungi lokasi yang sama pada tahun 1971.

Kedatangannya di Kota Palembang, KRI Dewaruci akan memeriahkan Asian Games sekaligus mengikuti upacara detik-detik HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang berlangsung di Sungai Musi.

"Selama bersandar di sini (Sungai Musi, red) KRI Dewaruci mengadakan kegiatan “open ship” untuk seluruh masyarakat, mulai Jumat (17/8) sampai Minggu, 19 Agustus 2018, mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB,” katanya.

Masyarakat Palembang yang sering dikenal dengan sebutan "Wong Kito Galo" (orang kita semua), diperkenalkan tentang kapal legendaris TNI AL yang dipandu para ABK KRI Dewaruci. Letkol Laut (P) Waluyo, lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan-46.

Komandan KRI Dewaruci ke-37 ini membawa 71 awak kapal, terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (KH) Suratno menambahkan, selama “joy sailing” dengan KRI Dewaruci juga diikuti oleh para siswa dari Akademi Kemaritiman Nasional Jakarta Raya, SMK Pelayaran Hang Tuah Jakarta, Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) Palembang, Duta Maritim Indonesia 2017, serta siswa Saka Bahari Palembang.

KRI Dewaruci dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Minggu (19/8/2018), untuk mempersiapkan diri sebagai background lomba layar dan jetski di Pelabuhan Ancol. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi