Mantap, RSU Tabanan Launching Layanan Baru dan Inovatif

Sabtu, 04 Agustus 2018 : 14.54
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Dirut RSU Tabanan dr. Nyoman Susila saat meninjau mesin/peralatan baru Multi Slice Computed Tomography MSCT 128 Slice
TABANAN - Badan Rumah Sakit Umum Daerah (BRSUD) Kabupaten Tabanan, Bali, melaunching
layanan baru dan inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Layanan baru dan inovatif yang dilaunching tersebut, diresmikan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang ditandai dengan pengguntingan pita, Sabtu (4/8/2018). Bupati Eka Wiryastuti dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap layanan baru dan inovatif yang dilaunching BRSUD Tabanan.

"Layanan dan inovasi baru yang dilakukan BRSU Tabanan memang luar biasa dan membanggakan. Walau luarnya belum Ferari, ternyata mesinnya Ferari. Tidak masalah itu hanya fisiknya. Bagi saya yang penting bobotnya, SDM-nya andal ditaruh di mana saja akan memberikan hasil yang terbaik," katanya memuji.

Bupati Tabanan juga memuji atas raihan laporan keuangan BRSU Tabanan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang empat tahun berturut-turut sejak tahun 2014 meraih predikat WTP, Wajar Tanpa Pengecualian.

Demikian juga dengan penilaian kinerja lainnya dari BPKP dan Ombudsman yang meraih predikat baik.

Menurut Bupati Eka, tidak ada kesuksesan gratis yang jatuh tiba-tiba dari langit. Semua memerlukan perjuangan dan pengorbanan seperti yang dilakukan RSU Tabanan karena dulu pernah meraih laporan keuangan disclaimer.

"Selamat untuk Rumah Sakit Tabanan yang telah memberikan layanan dan inovasi baru. Semoga ke depan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada warga masyarakat untuk mewujudkan Tabanan Serasi, Sejahtera Aman dan Berprestasi," katanya.

Sebelumnya, Dirut BRSUD Tabanan dr. I Nyoman Susila, M.Kes dalam laporannya mengungkapkan tentang layanan di RSU Tabanan yang mengusung konsep Smart Maruti, yakni Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Tabanan yang Komprehensip dan Terintegrasi.

"Smart Maruti ini buatan putra-putri Tabanan yang dikerjakan selama tiga tahun. Dengan adanya Smart Maruti ini, RSU Tabanan lepas dari ketergantungan dengan pihak lain. Kami akan terus mengembangkan Smart Maruti ini untuk mendukung E-Goverment," paparnya.

Menurut Nyoman Susila, inovasi layanan yang telah dilaksanakan RSU Tabanan di antaranya adalah : Pengembangan SIMRS dengan Smart Maruti, Sistem pendaftaran Online, E-Tendering pengadaan makanan dan minuman pasien, Pengelolaan sampah medis dengan transporter, informasi kamar dan antrean kamar secara online, Blue code sistem, Pelayanan geriatri hingga one stop registration.

Mengacu keluarnya Perbup No.27 Tahun 2018 tanggal 1 Agustus 2018, pada kesempatan tersebut Dirut RSU Tabanan juga mengungkapkan tentang layanan baru yang ada di RSU Tabanan.

Disebutkan layanan baru tersebut adalah HCU/Stroke corner, MSCT Somatom Persective 128, ICCU Intensive Cardiac Care Unit, X-Ray Multix Fusion Digital, X-Ray Panoramic, Patologi Anatomi, Imunologi Archtech, Mikrobiologi Vitex 2 Compact dan Laboratorium Information System.

Menurut Dirut Nyoman Susila, beberapa mesin dan peralatan yang canggih tersebut baru dimiliki beberapa rumah sakit saja di Bali. RSU Tabanan memiliki karena merupakan rumah sakit rujukan regional.

"Mesin Multi Slice Computed Tomography MSCT 128 Slice memiliki teknologi terkini. Di antaranya mampu menghasilkan kualitas gambar tiga dimensi yang sangat baik, waktu pemeriksaan yang singkat, serta sejumlah kelebihan lain," katanya.

Dirut Nyoman Susila juga menyebutkan saat ini pihaknya tengah bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dalam pembuatan Digital Radiografi. "Saat ini masih on progress. Bila sukses, akan ada alat digital radiografi Made In Indonesia yang dibuat oleh putra Bali," katanya bangga. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi