Kodim Karangasem Kerahkan Pasukan Buka Akses Jalan di Pegunungan

Kamis, 23 Agustus 2018 : 06.30
KARANGASEM - Kodim Karangasem mengerahkan pasukan untuk membantu membuka akses jalan yang melintas pegunungan di Kecamatan Sidemen. Melalui program Tentara Menunggal Masuk Desa (TMMD), membuat jalan tembus dari Dusun Guminten, Sidemen menuju Pura Dewangga Sidemen dengan 3 km dengan lebar 7 meter.

Dandim 1623 Karangasem Letkol Inf Benny Rahadian mengungkapkan, badan jalan yang dibuat kali ini awalnya hanya merupakan jalan setepak. "TNI sendiri hanya membangun badan jalan dan senderan," katanya, Rabu 22 Agustus 2018.

Pembagunan badan jalan kali ini cukup menantang. Karena medanya cukup berat dengan tanjakan terjal dan juga masuk hutan dengan harus menyingkirkan batu batu besar. Menurut Benny proyek ini merupakan program pemerintah dan dilaksanakan oleh TNI. Pra TMMD sendiri sudah dilakukan sejak dua minggu lalu.

Sedangkan TMMD sendiri hanya akan dilaksanakan sebulan. Karena medan cukup berat diawali dengan Pra TMMD agar bisa tepat waktu. Kegiatan TMMD kali ini juga mendapat dukungan berbagai pihak terutama sambutan masyarakat Sidemen.

Ini di buktikan dengan keiklasan masyarakat membebaskan lahanmya secara cuma cuam tidak ada biaya pembebasan lahan. Sementara pengerjaan sekarang ini baru sekitar 300 meter. Untuk lokasi TMMD sendiri sebagian berupa kebun salak sebagian juga hutan lebat di pegunungan.

Akses jalan ini diharapkan bisa memperlancar prekonomian masyarakat terutama untuk mengangkut hasil panen. Selain itu juga sebagai akses menuju Pura Dewangga dan juga kedepanya ada rencana untuk membuat agro wisata.

Karena di atas bukit juga ada panorama alam yang cukup indah. Dengan ada akses jalan maka akan mempermudah untuk dipromosikan sebagai obyak wisata baru. Dibagian atas menurut Pasi Intel Kodim Kapten Gusti Darsana sudah banyak di huni penduduk namun akses jalan sulit.

Bahkan ada anak yang sampai putus sekolah karena jalan tidak ada. Berharap begitu jalan di buka mereka bisa sekolah kembali karena ada akses jalan. Sementara itu untuk TMMD nanti akan di kerahkan sebanyak 190 pasukan

TNI. Mereka ini diantaranya dari Yonif Kipan 741 dan ada juga dari Den Zipur Kodam IX/Udayana serta Kodim Karangasem. juga dibantu dari warga masyarakat Sidemen, OPD, Polres dan juga dari Lanut. sementara untuk pembagunan badan jalan ini dianggarkan Rp 1,6 miliar dari dana BKK.

Kendalanya, medan yang cukup berat. bahkan alat berat yang dipergunakan juga kesulitan karena tingkat kemiringan yang tinggi. Selaian itu juga harus memecah batu batu besar. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi