Hadiri Idul Adha, Bupati Giri Buktikan Badung Jaga Keragaman

Rabu, 22 Agustus 2018 : 20.30
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan hewan kurban seekor sapi saat perayaan Idul Adha
BADUNG- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menegaskan Pemerintah Kabupaten Badung sangat menjaga keragaman dan toleransi antarumat beragama dengan ikut menyerahkan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1439 Hijriyah.

Bupati Giri menyerahkan hewan Qurban dalam rangka perayaan Idul Adha 1439 H bagi umat muslim di Badung Rabu 22 Agustus 2018.

Penyerahan hewan kurban berupa seekor sapi di terima panitia Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Mengwi dan Abiansemal di Lapangan Puspem Badung.

Turut hadir mendampingi Kajari Badung B Sunarko SH, Dirut PD Pasar Mangu Giri Sedana, I Made Sutarma,  Kabag Humas Setda Badung I Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Kabid KesbangPollimas  I Made Arnaya dan tokoh umat muslim di Badung.

Bupati Giri Prasta mengatakan, perayaan Idul Adha 1439 H di Badung merupakan salah satu contoh bahwa Pemerintah Kabupaten Badung berpegang teguh pada Pancasila sila ke lima yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Artinya semua insan sama dapat dan sama rasa. Menjaga empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan warisan para pendiri bangsa termasuk para ulama dan kyai," ujarnya.

Ia menegaskan, mengisi kemerdekaan harus dijalankan dengan menjaga keberagaman umat beragama.

Giri lanjut mengutip pepatah mengatakan, yang beda jangan sekali-kali dipaksakan menjadi sama tetapi yang sama jangan dibedakan.

"Itulah  konsep yang kami lakukan. Sehingga dalam mengambil kebijakan pun kami membuat program semua insan itu sama dapat dan sama rata," katanya menegaskan.

Berdasakan konsep itu saya selaku Bupati terhadap umat muslim di Kabupaten Badung  , dimana umat muslim membuat sekolah di  di Kuta Selatan, dibantu hingga Rp3Miliar.

Sekarang ada lagi pembangunan Masjid di Canggu Permai  juga dibantu Rp 3M. Selanjutnya, juga mesjid yang ada di Abiansemal akan dibantu sepenuhnya.

"Ini merupakan wujud dan perilaku perbuatan kepada umat muslim  yang ikut mewarnai pembangunan di Kabupaten Badung," tandasnya lagi .

Ketua Panitia pelaksana PHBI Mengwi dan Abiansemal Dru Hendro mengatakan, Sholat Idul Adha merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun di Lapangan Puspem oleh umat muslim Mengwi dan Abiansemal.

Idul Adha tahun ini kata Dru Hendro  mengambil tema "Jiwa Pengorbanan Nabi IBrahim dan Suritauladan  Sahabat Nabi Muhammad SAW". "Maknanya yaitu sebuah pengorbanan seorang Nabi sebagai contoh pendidikan pada umat manusianya," ungkapnya.

Hewan yang dikurbankan dalam Idul Adha 1439 H di Kecamatan Mengwi dan Abiansemal sebanyak 40 Ekor sapi dan 90 Ekor Kambing. Dalam solat Idul Adha 1439 H ini  sebagai Imam Bapak Sutrisno dan Kotib H Yunus Anies.

 Sebagai bentuk tolerasi beragama kepada umat muslim, Bupati Badung menyumbangkan satu ekor sapi dan satu ekor kambing dari Forum Komunikasi Karyawan Karyawati Muslim (FKKKM) (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi