Hacker Jebol Akun Facebook Kadis Dukcapil Karangasem

Jumat, 03 Agustus 2018 : 10.42
Kadis Dukcapil Karangasem I Wayan Sumudia
KARANGASEM- Mengetahui akun facebook miliknya diambil alih hacker Kepala Dinas Kependuduka dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem I Wayan Sumidia geram dan melaporkannya ke polisi.

Akun FB Sumidia diserang berkat informasi dari salah satu pengguna facebook yang juga merupakan seorang wartawan.

Diketahui hari (2/8/2018) sekitar pukul 19.00 wita, wartawan tersebut dirinya tiba - tiba mendapatkan massanger dari akun Facebook bernama Sumidia Wayan meminta agar dikirimkan pulsa ke satu nomor yang disertakan didalam pesannya dengan alasan sedang ada acara dan penting untuk dihubungi.

Untuk lebih meyakinkan, dalam chating. pelaku juga mengatakan akan mengganti uang jika pulsa sudah dikirim.  Melihat ada yang tidak beres, apalagi seorang Kepala Dinas tiba tiba chating minta dibelikan pulsa, hal ini kemudian diberitahukan langsung ke Sumidia untuk dimintakan konfirmasinya.

Pelaku sempat beberapa kali diajak chating sembari membenarkan untuk kirimkan pulsa ke nomor tersebut.

Yang menarik, ketika dalam chatingan itu ditanyakan banyak hal terkait jabatannya sebagai Kepala Dinas, pelaku hacker ini cukup pintar menjawab. Sebelum melancarkan aksinya seputar informasi pemilik yang asli, sepertinya telah dipelajari terlebih dahulu pelaku.

Akhirnya via Short Message Sevices (SMS) hal itu dikonfirmaskan langsung  kepada Sumidia yang menyatakan tidak pernah meminta pulsa, bahkan akun facebook tersebut dikatakan Sumidia sudah tidak aktif sejak setahun terakhir.

Rupanya, beberapa saat kemudian pelaku hacker ini mengirimkan messanger kepada wartawan ini mengatakan seolah-olah bahwa dirinya yang asli, sementara yang mengirimkan pesan messanger sebelumnya adalah hacker.

Atas hal itu, Sumidia kepada wartawan membantah bahwa dirinyalah yang meminta pulsa kepada wartawan tersebut.

"Akun itu sudah tidak aktif dari setahun lalu, ya tolong dibantu klarifikasi biar tidak ada yang menjadi korban," ucap Sumidia dalam keterangannya Jumat (3/8/2018).

Karena gusar dengan ulah pelaku, Sumidia melaporkan ke bagian Cyber Rerkrim Polres Karangasem agar dilakukan pelacakan terhadap pelaku hacker ini karena dianggap sudah meresahkan.

"Tadi saya sudah laporkan, masih dicek dibagian Siber," imbuhnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi