Gubernur Bali Antarkan Petinggi IMF-Bank Dunia Sembahyang di Pura Besakih

Kamis, 02 Agustus 2018 : 22.03
Gubernur Bali Made Mangku Pastika bersama panitia pertemuan IMF dan Bank Dunia bersembahyang bersama di Pura Besakih Karangasem
KARANGASEM- Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengantarkan langsung para panitia pertemuan tahunan Annual Meeting IMF-Bank Dunia dalam melakukan persembahyangan bersama "matur piuning di Pura Luhur Besakih di Kabupaten Karangasem.

Matur Piuning yang bermakna berdoa kepada Ida Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa ini dimaksudkan memohon agar gelaran akbar IMF-WB berjalan lancar sesuai yang diharapkan bersama.

Sekretaris IMF, Jianhai Lin menyampaikan, rasa bahagianya mendapatkan kesempatan yang bagus bisa mengunjungi Pura Besakih.

Ia mengaku sudah beberapa kali datang ke Bali namun kali ini menjadi kesempatan luar biasa karena bisa datang ke Pura Besakih.

Menjelang perhelatan akbat Annual Meeting IMF-WB pada Oktober mendatang, para petinggi IMF-WB dan pejabat tinggi di Bali melaksanakan persembahyangan bersama "Matur Piuning" secara Hindu di Pura Besakih.

Meski sempat diguyur hujan, namun pelaksanaan sembahyang bersama  untuk memohon doa keselamatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Jianhai Lin mengungkapkan, dua bulan dari sekarang sebanyak 189 negara akan menghadiri annual meeting IMF-WBG di Bali.  Mereka berada di Bali selama seminggu untuk mendiskusikan berbagai isu ekonomi global yang berkembang.

Tentu saja, Ini menjadi kesempatan besar bagi Indonesia dan Bali khususnya untuk mencapai ekonomi yang gemilang di mendatang.

Nantinya para delegasi bisa melihat bagaimana indahnya Indonesia dan Bali secara langsung termasuk bisa merasakan kehangatan masyarakat Bali .

Pihaknya optimis pertemuan Oktober mendatang bisa berjalan sukses karena mendapat dukungan penuhb pemerintah, pengusaha, bankir, media serta partisipasi masyarakat.

Gubernur Mangku Pastika mengatakan semua pihak menyambut IMF-WBG pada bulan oktober yang akan datang di Bali dengan sangat antusias.

"Salah satunya kita bersama melakukan Matur Piuning di Pura terbesar di Bali, Pura Besakih," ujarnya.

Pastika menjelaskan, Matur Piuning penting dilakukan dalam melaksanakan hajatan besar demi Bali, Indonesia , bahkan dunia.

"Kita sampaikan pada Tuhan dari hati yang paling dalam, kita akan melaksanakan agenda besar. Dan kita bersepakat hari ini kita melakukan Matur Piuning," ucap Pastika.

Turut hadir dalam persembahyangan Kapolda Bali, Irjen Pol (Petrus Golose), Kepala Task Force Annual Meetings IMF WBG (Peter Jacobs), Sekretaris World Bank, (Yvone Tsikata), Sekretaris IMF (Jianhai Lin) serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (Causa Iman Karana. (rhm)



Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi