Gandeng PHDI, Yayasan Hyang Hasung Gelar "Mebayuh Sapuh Leger " Massal

Rabu, 01 Agustus 2018 : 09.27
DENPASAR - Menggandeng PHDI Kabupaten Gianyar, Yayasan Hyang Hasung berencana menyelenggarakan otonan Bayuh Sapuh Leger secara gratis.

Kegiatan digekar pada Tumpek Wayang 22 September 2018 di Pura Masceti Payangan dan terbuka untuk umum.

Tokoh Payangan, Made Rai Warsa didatangi perwakilan yayasan memberikan dukungan. Sehingga ia sendiri akan membantu dengan cara menginformasikan kepada masyarakat.

Dikatakan, dalam membantu umat dan mengaplikasikan ajaran Tri Hita Karana, khususnya hubungan manusia dengan manusia,

 “Kebetulan ini akan diselenggarakan di kampung saya, terlebih tujuannya juga untuk beryadnya,” jelasnya Selasa 31 Juli 2018.

Panitia penyelenggara Mabayuh Sapu Leger Massal, Made Rai Wisnawa mengungkapkan pelaksanaannya pada 22 September mendatang.

Untuk panitianya dilibatkan dari peserta yang akan ikut mabayuh, di samping itu juga bekerjasama dengan PHDI Kabupaten Gianyar. Sehingga pelaksanaan upacara tersebut tidak ada istilah jual beli.

“Ini tujuannya untuk meningkatkan Forum Pemuda Hindu Payangan dalam memberikan pelayanan kepada umat, meski tempatnya di Payangan yang akan ikut mabayuh terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya,” terangnya.

Wisnawa juga menjelaskan bagi yang akan ikut nantinya hanya cukup membawa sarana berupa daksina pejati sebanyak dua buah. Sedangkan yang muput dalam prosesi tersebut ia mengungkapkan para sulinggih dari semua klen.

“Di sini bukan bersifat jual-beli, namun lebih menonjolkan sistem gotong royong,” imbuhnya. (*)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi