Duet Jokowi-Moeldoko Disuarakan Eksponen Masyarakat Bali Peduli NKRI

Minggu, 05 Agustus 2018 : 05.43
Deklarasi dukungan duet Jokowi-Moeldoko oleh Eksponen Masyarakat Bali Peduli NKRI/foto:istimewa
DENPASAR - Eksponen Masyarakat Bali Peduli NKRI (EMBPN) mendeklarasikan dukungan pencalonan mantan Panglima TNI Moeldoko sebagai calon Wakil Presiden mendampingi Capres Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Dukungan disuarakan di Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Sabtu 4 Agustus 2018.

EMBPN) yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat itu menilai, sosok Moeldoko sangat dibutuhkan guna memberikan jaminan stabilitas pemerintahan yang mampu menjaga keutuhan NKRI.

Menurut mereka, Moeldoko, sosok yang pluralis, nasionalis dan memiliki jaringan serta pengaruh yang kuat dalam tubuh TNI. Jaringan ini, dibutuhkan guna memastikan bahwa pemerintah Jokowi pada periode kedua akan berlangsung stabil hingga 5 tahun mendatang.

“Apalagi, sekarang ada kecenderungan dimana isu agama mayoritas ditonjolkan dan berpotensi memecah bangsa ini,” kata  Ketua EMBPN Lan Ananda.

Dukungan untuk duet Jokowi-Meoldoko juga muncul saat diskusi terbuka dengan pembicara Ketua KNPI Bali I Nyoman Gede Antaguna, Akademisi Made Gede Subha Karma dan Ida Panditha Mpu Acharyananda.

Diiungkapkan Antaguna, saat ini polarisasi pilihan untuk kepemimpinan mendatang memang masih tertuju pada nama Jokowi dan Prabowo. Secara realistis, Jokowi sudah menunjukkan prestasinya dengan melakukan perubahan melalui revolusi mental serta revolusi infrastruktur untuk mewujudkan keadilan.

Soal sosok pendamping Jokowi, ia sependapat perlunya figur yang akan menjamin keamanan bangsa karena hal itu merupakan masalah yang krusial di masa depan. 

Dalam hitung-hitungan politik, secara taktis dalam Pemilu, Jokowi bakal menghadapi kemungkinan berhadapan dengan 2 mantan Jenderal yang berkoalisi.

Dalam pandangan Ida Panditha Mpu Acharyananda, Indonesia, membutuhkan pemimpin bangsa yang bisa mengayomi semua komponen bangsa ini.

“Pancasila dan NKRI itu jangan ditawar-tawar lagi. Mundur lagi bangsa ini kalau itu masih dipersoalkan,” katanya menegaskan.

Dalam kerangka itulah, dia menilai Jokowi adalah sosok yang mampu memperkuat posisi tawarnya terhadap kelompok-kelompok yang membawa agama dalam strategi politik.

Dia meyakini, sosok Jokowi itu bisa mengayomi kelompok-kelompok minoritas yang ada di bangsa ini.(rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi