Dampak Gempa Lombok, Gedung SDN 2 Ubung Denpasar Retak

Selasa, 07 Agustus 2018 : 00.00
Kepala SDN 2 Ubung Ida Bagus Putu Sudiarta
DENPASAR - Gempa dahsyat di Lombok yang berkekuatan 7 skala richter (SR) berdampak luas terhadap kerusakan bangunan termasuk menimpa SD Negeri 2 Ubung di Kota Denpasar. 

Akibat gempa yang terjadi pada Minggu 5 Agustus 2018 malam, gedung berlantai II di sekolah tersebut mengalami retak-retak.

Kepala SDN 2 Ubung Ida Bagus Putu Sudiarta mengungkapkan, retaknya gedung yang dibangun sekitar tahun 2002/2003 itu diketahui setelah pihaknya melakukan pengecekan.

"Kebetulan pascagempa, dinas pendidikan memimta semua sekolah melakukan pendataan terhadap kondisi bangunan setelah adanya gempa di Lombok," kata Sudiarta ditemui Senin (6/8/2018).

Dari pengecekan langsung diketahui ada 30 titik di bangunan tersebut yang terdapat pada bagian penyangga dinding hingga tembok.

Pihaknya sudah melakukan pendataan dan memotret kondisi bangunan yang mengalami retak-retak untuk dilaporkan ke pihak Dinas Pendidikan Kota Denpasar.

Soal kerusakan yang terjadi, Sudiarta menyerahkan sepenuhnya kepada pihak terkait untuk melakukan penanganan apakah kondisi itu membahayakan bagi kegiatan belajar mengajar atau tidak.

Hanya saja, dalam amatannya, retaknya bangunan itu harus mendapatkan perhatian karena dikhawatirkan lagi jika sampai terjadi gempa di kemudian hari, sangat mengkhawatirkan.

Terkait dengan kesiapan pihak sekolah menghadapi segala hal tidak diinginkan seperti bencana, terus disosialisasikan waspada bencana kepada seluruh lingkungan sekolah.

"Anak-anak maupun guru dan pegawai sekolah terus kami berikan sosialisasi waspada bencana alam sehingga mereka bisa mengantisipasi apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana seperti gempa," imbuhnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi