Wabup Suiasa Harapkan Tim Satketi Mampu Wujudkan Kenyamanan Wilayah

Selasa, 10 Juli 2018 : 01.30
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa
BADUNG- Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa mengharapkan keberadaan tim Satuan Keamanan Terintegrasi (Satketi) yang dibentuk di Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali, dapat meningkatkan keamanan dn kenyamanan wilayah, khususnya di kecamatan setempat.

"Tim ini saya harap untuk dapat mewujudkan rasa aman dan nyaman, minimal di lingkungan masing-masing yang nantinya akan berdampak dan bermanfaat terhadap lingkungan yang lebih luas," kata Wabup Suiasa saat menghadiri pengukuhan Tim Satketi di Kantor Kecamatan Abiansemal, Senin 10 Juli 2018.

Dalam kehidupan bernegara, sejatinya seluruh warga telah diberikan amanah untuk melakukan langkah-langkah dan upaya guna menciptakan suasana aman.

Dikatakan Suiasa, keamanan merupakan hak dan kebutuhan dasar warga negara, namun di balik keamanan dan kenyamanan yang merupakan hak dan kebutuhan masyarakat.

Negara memiliki suatu kewenangan untuk mengatur, mengurus termasuk memberikan hukuman terhadap siapapun yang melanggar hukum itu sendiri.

"Jadi, negara ini telah memberikan kewenangan terhadap perangkatnya, termasuk perangkat formal dan perangkat sosial untuk melakukan upaya keamanan," katanya.

Untuk itu, Ia berpesan, sebagai bagian dari perangkat-perangkat baik jajaran Pemerintah, Kepolisian, TNI dan seterusnya sampai ke tingkat desa.

Seluruh komponen masyarakat telah memiliki kewenangan dan memiliki kewajiban dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat itu sendiri yang berkaitan dengan keamanan.

Adanya kewenangan dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yang harus dilakukan adalah bagaimana masyarakat dapat mengkolaborasikan kewenangan dan kewajiban agar agar kebutuhan tersebut dapat tercapai dan harus dilakukan secara bersama-sama, konprehensif, terkoreksi, terkoneksi dan terintegrasi," ujarnya.

Camat Abiansemal, IGN. Surya Jaya menambahkan, melalui Satketi yang dibentuk di Kecamatan Abiansemal ini, pihaknya ingin mempersiapkan diri bersama 'stakeholder' agar bersatu guna memberikan jaminan terhadap keamanan.

"Jadi jaminan keamananannya minimal keamanan wilayah Kecamatan Abiansemal. Tapi nantinya saya harapkan tim ini juga dapat menjaga keamanan Badung dan Bali pada umumnya," katanya.

Apabila mereka yang tergabung dalam tim ini sudah diberikan tugas masing-masing, maka ia yakin kedepannya akan muncul rasa tanggung jawab secara individu maupun secara organisasi, untuk menjaga kerjasama dari kekuatan-kekuatan yang ada di masing-masing wilayah yang terdiri dari komponen-komponen yang ada digabungkan.

"Kami berharap, kedepannya akan terus terjalin kerjasama, tidak ada ego sektoral dan ini adalah kekuatan yang kita miliki dengan satu komando," imbuhnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi