Seratus Peserta Lakukan Uji Kompetensi Perikanan di TUK P2MKP Karya Lestari

Sabtu, 21 Juli 2018 : 16.52
Peserta uji kompetensi bidang pengolahan ikan di TUK P2MKP Karya Lestari berfota bersama dengan  Sekda Tabanan, Kadis Perikanan dan Asessor (Penguji) dari BP3 Banyuwangi
TABANAN - Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Karya Lestari di Tabanan, Bali, stelah lulus verifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Kelautan dan Perikanan, awal Juli lalu langsung ditunjuk Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) menjadi TUK bagi 100 orang peserta.

Seratus orang peserta uji kompetensi perikanan di TUK P2MKP Karya Lestari yang terbagi menjadi lima angkatan tersebut melakukan uji kompetensi perikanan bidang pengolahan ikan dan budidaya ikan. Mereka melaksanakan uji kompetensi Sabtu - Senin, (21-25/7/2018)

Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa mewakili Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat membuka uji kompetensi tersebut memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap P2MKP Karya Lestari sebagai satu-satunya P2MKP di Bali yang menjadi TUK Perikanan.



"Saya mendengar informasi, di Indonesia saat ini baru ada empat P2MKP yang ditetapkan sebagai TUK Perikanan dan Kelautan. P2MKP Karya Lestari merupakan satu dari empat P2MKP yang ditetepkan sebagai TUK tersebut," katanya saat membuka Uji Kompensi Perikanan di TUK P2MKP Karya Lestarai, Sabtu (21/7/2018) pagi

Menurut Sekda Wirna Ariwangsa, dalam menghadapi era globalisasi dan persaingan usaha yang semakin ketat, pelaku perikanan harus berkompeten di bidangnya masing-masing.

Untuk bisa memiliki kompetensi tersebut, perlu mengikuti uji kompetensi sehingga memiliki sertifikat kompetensi dari pihak yang berkompeten yakni Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan

Terkait hal itu, Sekda Wirna Ariwangsa menghimbau pelaku utama dan pelaku usaha perikanan di Kabupaten Tabanan ke depan agar bisa mengikuti uji kompetensi perikanan sesuai bidangnya masing-masing.

Pada kesempatan tersebut Wirna Ariwangsa juga berharap Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan juga bisa mengirimkan pegawai yang membidangi teknis perikanan untuk mengikuti uji kompetensi perikanan di TUK P2MKP Karya Lestari.

"Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan selaku pembina pelaku utama dan pelaku perikanan harus menjadi pelopor dan mengirimkan pegawainya untuk mengikuti uji kompetensi perikanan agar  dalam memberikan pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat perikanan benar-benar berkompeten," ujarnya.

Kadis Perikanan Kabupaten Tabanan Made Subagia dan Ketua TUK P2MKP Karya Lestari berjabat tangan usai tandatangani Kerjasama
Selain membuka secara resmi pembukaan uji kompetensi, pada kesempatan tersebut Sekda Wirna Ariwangsa juga menyaksikan penandatanganan kerjasama antara TUK P2MKP Karya Lestari dengan Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan.

"TUK P2MKP Karya Lestari bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan khususnya dalam penyediaan lokasi praktek dan sarana prasarana budidaya ikan bagi peserta uji kompetensi di TUK P2MKP Karya Lestari," ujar Ketua TUK P2MKP Karya Lestari Ni Made Putriningsih Wirna ditemui di sela-sela kegiatan uji kompetensi.

Pada kesempatan tersebut Putriningsih Wirna juga  mengemukakan  rasa syukur dan terima kasihnya karena TUK P2MKP Karya Lestari begitu lulus verifikasi dan menerima sertifikat tanggal 5 Juli 2018 lalu langsung dipercaya dan ditunjuk Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) sebagai TUK bagi 100 orang peserta uji kompetensi perikanan.

Menurut Putriningsih Wirna, berdasarkan hasil verifikasi dan sertifikat yang diberikan LSP-KP,  ternyata P2MKP Karya Lestari telah ditetapkan sebagai TUK Perikanan dan Kelautan untuk bidang Pengolahan, Budidaya, Penangkapan dan Penyuluhan Perikanan. Bukan hanya bidang pengolahan dan budidaya saja.

"Untuk tahap awal ini, peserta uji kompetensi perikanan di TUK P2MKP Karya Lestari terbagi dalam bidang pengolahan hasil perikanan dan budidaya ikan. Sambil melengkapi sarana dan prasarananya, ke depan TUK P2MKP Karya Lestari bisa juga menjadi TUK bidang perikanan lainnya," katanya berharap. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi