Pelayanan Publik Buruk, Menteri Asman Persilakan Masyarakat LAPOR!

Selasa, 17 Juli 2018 : 02.30
JAKARTA - Menteri PANRB Asman Abnur mengajak seluruh warga masyarakat untuk mengadukan pelayanan publik yang kurang baik melalui kanal pengaduan LAPOR!

Berbagai upaya dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik. Salah satunya melalui Gerakan Sadar Lapor yang dilaksanakan bertepatan dengan Car Free Day (CFD), di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu 15 Juli 2018.

Asman mengungkapkan, saat ini masyarakat yang ingin mengadu persoalan pelayanan publik dapat menggunakan kanal LAPOR!, melalui sms ke ke nomer 1708 atau memalui website lapor.go.id.

Menteri Asman menjelaskan, laporan masyarakat akan masuk ke tim LAPOR! yang dikelola Kementerian PANRB. Setelah aduan masuk kemudian akan didistribusikan ke Kementerian/Lembaga terkait.

Kebijakan bagus tanpa sosialisasi akan percuma. Untuk itu ,gerakan sadar lapor hadir untuk mengajak masyarakat tidak segan atau takut untuk mengadukan layanan publik yang kurang baik.

"Laporan tersebut akan langsung didistribusikan kementerian/lembagl serta pemda terkait, untuk kemudian ditindaklanjuti,” jelasnya.

Instansi yang tidak menindaklanjuti pengaduan selama beberapa hari, akan mendapatkan teguran. Melalui upaya tersebut diharapkan instansi terkait dapat responsif menangani pengaduan dari masyarakat.

Pihaknya mendorong masyarakat untuk mengkritisi pelayanan yang diberikan pemerintah apabila layanan yang diberikan tidak baik.

Hal tersebut sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo yang ingin birokrasi atau pelayanan tidak bertele-tele. Terlebih dengan kecanggihan sistem teknolohi informasi (TI) dapat memberi kemudahan masyarakat dalam mengurus perizinan atau lainnya.

Pihaknya menargetkan, melalui gerakan sadar lapor, 80 persen masyarakat mengetahui tempat untuk melapor perihal pelayanan publik.

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyampaikan Gerakan Sadar Lapor merupakan upaya promosi, edukasi, dan penyebaran informasi mengenai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dengan menggunakan platform nasional, aplikasi LAPOR!.

Kegiatan bersamaan CFD dilakukan agar seluruh masyarakat dapat mengetahui serta ikut berpartisipasi dalam melaporkan pelayanan publik yang dirasa masih kurang baik.

Gerakan Sadar Lapor bertujuan untuk menginformasikan, serta menyebarluaskan aplikasi LAPOR!, yang diperuntukan bagi masyarakat yang ingin mengadukan layanan yang masih kurang baik.

"Sasaran generasi milenial diharapkan dapat menggugah mereka untuk lebih peduli lagi dengan pelayanan publik,” sambungnya.

Diketahui, Gerakan Sadar Lapor diselenggarakan serentak, di Jakart, Palembang, Banjarmasin, Bandung, Makassar, dan Cirebon.

Kementerian PANRB juga meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), yakni aplikasi untuk percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dan transparansi informasi pelayanan publik. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi