P2MKP Karya Lestari Tabanan Lulus Verifikasi TUK Perikanan

Selasa, 03 Juli 2018 : 20.42
Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan Herry Maryoto serahkan Berita Acara Verifikasi kepada Ketua P2MKP Karya Lestari Ni Made Putriningsih Wirna
TABANAN - Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Karya Lestari di Kabupaten Tabanan, Bali, lulus verifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Kelautan dan Perikanan, khususnya di bidang Pengolahan dan Budidaya Ikan.

Kepastian tersebut diperoleh setelah Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) yang memiliki kualifikasi Asesor Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melakukan verifikasi terhadap P2MKP Karya Lestari di Desa Dauh Peken, Tabanan, Selasa (3/7/2018)

"Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan Pak Herry Maryoto dan Master Asesor BNSP ibu Utami Widiasih tadi sudah melakukan verifikasi terhadap P2MKP di lapangan. Hasilnya, P2MKP Karya Lestari lulus verifikasi sebagai TUK bidang Pengolahan dan Budidaya Ikan," jelas Made Subagia, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan ditemui usai mendampingi verifikasi di lapangan.

Menurut Subagia, lulusnya verifikasi tersebut menunjukkan kesiapan P2MKP Karya Lestari binaan Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan ini melaksanakan Sertifikasi Pelaku Industri Kelautan dan Perikanan, SMK Perikanan dan masyarakat kelautan dan Perikanan di seluruh Bali.

Disebutkan, dalam pelaksanaan uji kompetensi pengolahan dan budidaya ikan tersebut  P2MKP Karya Lestari sebagai TUK. Sedangkan assesornya atau pengujinya berasal dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi.

"Uji Kompetensi bidang Pengolahan Ikan, teori dan prakteknya bisa dilaksanakan sepenuhnya di P2MKP Karya Lestari. Sedangkan untuk bidang budidaya ikan, uji kompetensi secara teori bisa dilaksanakan di P2MKP Karya Lestari, sedangkan prakteknya dilaksanakan di UPTD BBI Pesiapan, Dinas Perikanan Tabanan" katanya.

Ketua P2MKP Karya Lestari Ni Made Putriningsih Wirna ditemui secarta terpisah menyatakan rasa syukurnya karena P2MKP Karya Lestari yang dipimpinnya lulus verifikasi sebagai TUK Pengolahan Ikan dan Budidaya Ikan.

Disebutkan, P2MKP Karya Lestari selama ini telah menjalin kerjasama pelatihan pengolahan ikan dengan berbagai instansi. Baik di tingkat pusat dengan Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Kelautan dan Perikanan maupun di tingkat daerah dengan Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali dan sejumlah instansi dan organisasi di Kabupaten Tabanan.




Terkait hal itu, Putriningsih Wirna menyatakan kesiapannya bila P2MKP Karya Lestari sewaktu-waktu diverifikasi sebagai TUK Kelautan dan Perikanan. "Sarana dan prasarana  yang dimiliki P2MKP Karya :Lestari cukup lengkap.  Baik itu bangunan tempat berlatih maupun fasilitas dan peralatan pengolahan ikan untuk praktek," katanya

Menurut Putriningsih Wirna, setelah lulus verifikasi TUK, dalam waktu dekat ini P2MKP Karya Lestari langsung menjadi TUK bagi 100 orang. Perinciannya 60 orang untuk bidang pengolahan ikan dan 40 orang bidang budidaya ikan.

"Setelah dinyatakan lulus verifikasi, pada bulan Juli ini P2MKP Karya Lestari langsung ditunjuk  Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan sebagai TUK bagi 100 orang peserta," pungkasnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi