INTI Bali Gelorakan Semangat Hidup Sehat Melalui Senam AW S3

Sabtu, 28 Juli 2018 : 23.08
Ratusan peserta antusias mengikuti senam AW S3 yang digelar keluarga INTI Bali
TABANAN - Keluarga Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bali mengkampanyekan gaya hidup sehat khususnya bagi masyarakat lanjut usia (Lansia) lewat kegiatan senam massal AW S3 di lapangan BTIDeC , Pantai Nyanyi, Tabanan.

Ratusan warga mulai kaum muda hingga lansia, tampak bersemangat mengikuti kegiatan yang dihadiri langsung sang pencipta senam AW S3 (Sehat, Semangat, Senang), Andrie Wongso, Sabtu (28/7/2018).

Menurut Ketua Pengurus Daerah INTI Bali Sudirta Indrajaya, tujuan senam AW3S ini, bagaimama menertibkan dan mempolakan sehingga senam ini bisa bertahan lama di seluruh Indoensia termasuk di Pulau Dewata.

Pihaknya sudah merancang wadah secara khusus untuk mengembangkan senam sehat ini dalam INTI Club Bali Sehat yang sudah mendapat dukungan lampu hijau dari pengurus INTI pusat.

"Melalui INTI Club Bali Sehat, kami akan kembangkan senam AW 3S, dengan supprt pengurus pusat, juga para senior seperti Pak Frans Bambang, Prof Windia dan senior lainnya," sambung pria yang akrab disapa Sin itu.

Mengapa senam ini begitu penting untuk dikembangkan di Bali karena berdasar pembicaraan dengan para tokoh atau pimpinan masyarakat, ada tiga penyakit yang sering menyerang warga masyarakat termasuk di Bali.

Ketiga penyakit yang cukup membawa dampak buruk bagi kesehatan adalah kolesterol. darah tinggi dan diabetes.

Pihaknya sangat memeperhatikan masalah itu sehingga berupaya bagaimana mengimbangi gaya hidup dan pola makan yang bisa memicu tiga penyakit itu dengan olah raga senam AW S3.

Bagaimana, bisa mengubah atau mengatur pola makan dan gaya hidup agar bisa lebih sehat dengan mengimbangi senam yang termasuk olah raga murah meriah.

Senam AW S3 ini kata SIn,sangatlah mudah, tidak perlu biaya besar dan tempat luas semua bisa dilaksanakan sendiri atau berkelompok dengan arahan intsruktur.

Sin menambahkan, apa yang dilakukan INTI Bali itu, lebih pada kegiatan sosial bahkan setiap bulannya juga digelar kegiatan semacam itu. INTI Bali ingin menciptakan masyarakat tidak hanya sehat raga namun juga jiwanya melalui senam AW 3S yang diisi dengan meditasi untuk membangun semangat hidup.

Dengan kegiatan senam bersama ini, mereka bisa bertemu menyapa satu sama lainnya dalam suasana riang gembira sehingga tumbuh semangat hidup.

"Senam ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan raga, karena ada meditasi yang menjadi poin penting dalam latihan ini, adalah gerakan otot senyum, badan tegak lurus dan meditasi," imbuhnya.

Sementara itu, pencipta senam AWS3 Andrie Wongso mengatakan, senam ini tergolong unik tidak ada di dunia manapun dan hanya di Indonesia. Senam ini bisa mudah dilihat di youtube sangat mudah dilakukan.

Lewat senam ini, sangat mudah dan efektif dilakukan termasuk bagi mereka yang berusia lanjut. Senam ini bertumpu pada gerakan pengulangan-pengulangan.

"Untuk lansia bisa tidak pakai pemanasan bisa langsung latihan senam cukup 80 sampai 150 gerakan perhari, saya bisa berikan jaminan kesehatan yang prima," tegasnya.

Ini bisa menjadi obat mujarab dibanding dengan mereka yang hanya duduk-duduk saja sangat jauh bedanya. Hal itu bisa dubuktikan di banyak tempat mereka yang melakukan senam ini bisa sembuh dan berbagai macam penyakit, kista, kanker, urat kejepit dan lainnya terbukti hilang.

Dijelaskan, musuh manusia untuk hidup sehat itu ada tiga, bosan, jenuh dan malas.  Dia memberi contoh pelari jalan cepat olimpiade, dari ratusan tahun ya seperti itu gerakannya pengulangan.

Demikian juga senam AW S3, latihan dilakukan dengan sadar dengan semangat senang dan bergairah.

"Nantinya jika semua bisa latihan sendiri maka akan menjadi mandiri, bisa lebih bergairah, optimis dan sadar bahwa olahraga nomor satu," tukasnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi