Gunung Agung Erupsi, Relawan Pasebaya Pastikan Warga Tak Panik

Senin, 02 Juli 2018 : 19.47
Relawan Pasebaya terus memastikan warga tetap tenang dan waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi pada Gunung Agung 
KARANGASEM - Berkat sosialisasi dan pendampingan yang terus dilakukan oleh Relawan Pasemetonan Jagabaya (Pasebaya) warga sekitar lereng Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali tidak panik meskipun terjadi erupsi terus menerus.

Pasebaya terus gencar turun kelapangan melakukan sosialisasi perkembangan aktivitas erupsi.

“Upaya itu untuk memberikan kepastian dan ketenangan terhadap masyarakat yang ada dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III,” kata Ketua Pasebaya Agung I Gede Pawana didampingi Humas Pasebaya Agung I Nyoman Eka Semara Putra di Karangasem, Senin (2/7/2018).

Ia menyampaikan hal itu usai menerima laporan erupsi Gunung Agung, Bali pada 2 Juli 2018 pukul 06:19 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut).

Diketahui, Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18 mm dan durasi ± 3 menit 47 detik.

Bersama Sekretaris Pasebaya I Wayan Suara, Pawana mengungkapkan, warga dalam 28 desa lingkar KRB kini tidak ada yang panik menghadapi situasi erupsi Gunung Agung yang meletus berturut-turut sejak tanggal 27 Juni lalu.

Mereka yang merasa kurang aman terhadap aktivitas Gunung Agung yang mengeluarkan abu vulkanik termasuk dentuman suara yang besar. Dengan penuh kesadaran memilih mengungsi dan menjauhi puncak Gunung Agung.

Disebutkan, data terakhir pengungsi sebanyak 124 jiwa 33 Kepala Keluarga (KK). Relawan Pasebaya siaga selama 24 jam termasuk memantau langsung ke lapangan di kaki Gunung Agung di kawasan Sogra (Selat), Temukus (Rendang), Ban (Kubu).

“Kami turun mendatangi masyarakat untuk memberikan rasa aman, sehingga mereka tidak panik,” ungkapnya.

Pihaknya meninta masyarakat, tetap tenang dan selalu monitor perkembangan aktivitas Gunung Agung yang masih bertatus Siaga (Level III) melalui sumber informasi resmi yang dipertanggungjawabkan. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi