Gemuruh Disertai Asap Setinggi 2.000 Meter Bangunkan Warga Lereng Gunung Agung

Senin, 02 Juli 2018 : 16.19
Gunung Agung/foto:pvmbg esdm
KARANGASEM- Suara gemuruh disertai letusan asap setinggi kurang lebih 2.000 meter di atas puncak kawah mengejutkan warga sekitar lereng Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali, pagi tadi

Akibatnya, warga sekitar pukul 06.19 Wita terbangun berhamburan keluar rumah dan terjadi konsentrasi massa di sejumlah lokasi Senin (2/7/2018)

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM merilis,  kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Kemudian, disampaikan jika erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18 mm dan durasi kurang lebih 3 menit 47 detik.

Pasca letusan tersebut SRR kembali terpantau mengalami perubahan irama suara yang menandakan ada suatu pergerakan di dalam Gunung Agung.

Beberapa saat setelahnya relawan yang memantau Gunung Agung kembali melaporkan bahwa asap kembali terlihat mengepul dengan intensitas tebal.

"Relawan Pasebaya yang bertugas hampil seluruhnya melaporkan adanya fisual letusan yang terjadi," imbuh operator Pasemetonan Jagabaya (Pasebaya) Gunung Agung Komang Eka Semara . (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi