Gelar Ngaben Massal, Semangat Pasemetonan Sira Arya Kanuruhan Patut Dicontoh

Senin, 23 Juli 2018 : 09.42
Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi
KARANGASEM- Ketua DPRD Karangasem, I Nengah Sumardi, yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi semangat warga pasemetonan Sira Arya Kanuruhan sehingga Ngaben Massal sebagai ritual lima tahunan itu dapat berjalan sesuai rencana.

Diketahui, puncak ngaben ngaben massal Pasemetonan Sira Arya Kanuruhan di Setra Desa Adat Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Jumat (20/7/2018) , berlangsung aman dan lancar.

‘’Lancarnya kegiatan lima tahunan ini tidak terlepas dari semangat dan dukungan penuh keluarga besar pasemetonan yang merancang sejak awal hingga puncak pelaksanaan ngaben,’’ ujar Sumardi

Pada ngaben massal yang mengikutkan 184 sawa dan 152 ngelungah diawali dengan mlaspas bade ataupun wadah pengabenan di tempat peyadnyan pada pagi hari di areal persawahan Banjar Kreteg, Sibetan.

Kesibukan panitia dan karma Pasemetonan Sira Arya Kanuruhan terus berlanjut hingga siang hari. Mereka sangat bersemangat, membawa satu per satu berbagai sarana pengabenan seperti sekah dan lainnya yang dipandu menggunakan pengeras suara.

Semua rangkaian upacara berjalan dengan tertib. Selain jro mangku, Ketua Panitia Ngaben Massal, I Komang Kisid, juga sibuk mengatur jalannya rangkaian upacara.

Penglingsir Pusat Pasemetonan Sira Arya Kanuruhan yang juga Bupati Karangasem dua periode (2005-2010, 2010-2015), I Wayan Geredeg, juga hadir di tengah-tengah umat bersama keluarga.

‘’Beginilah hasilnya jika mau dan mampu bergerak bersama. Semua pekerjaan menjadi jauh lebih ringan,’’ ucap Kisid.

Ribuan umat dan warga lainnya menghadiri iring-iringan wadah pengabenan diberangkatkan dari tempat penyadnyan ke Setra Adat Sibetan sekitar pukul 13.00. Prosesi baru berakhir mendekati senja. Usai pengabenan dilanjutkan dengan ritual nganyut.

Rangkaian ngaben massal akan dilanjutkan dengan ritual atma wedana (ngeroras) pada 9 September mendatang.

Sumardi melihat suasana dalam ngaben massal merupakan contoh kegotongroyongan yang baik. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada penglingsir  Pasemetonan Sira Arya Kanuruhan yang telah mampu melaksanakan kegiatan ngaben massal dengan lancar.

Pelaksanaannya yang saat ini sudah ke empat kalinya, menurut dia, menunjukkan kematangan seluruh penglingsirnya sehingga mampu meringankan beban umat dan karma pasemetonan. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi