Dikawal Kapal Dewaruci, Obor Asian Games Singgahi Makassar

Senin, 30 Juli 2018 : 12.52
Api Obor Asian Games disambut warga Makassar/foto:inasgoc
MAKASSAR- Api Obor Asian Games 2018 tiba di Pulau Sulawesi dengan menggunakan Kapal Dewaruci yang merupakan kapal TNI Angkatan Laut.

Setelah festival penyambutan api obor di pantai Tanjung Bira, obor Asian Games 2018 melanjutkan perjalanannya menggunakan Kapal Dewaruci.

Dewaruci merupakan kapal TNI Angkatan Laut kebanggaan Indonesia. Obor berlabuh di Lantamal VI kemudian diarak menuju Anjungan City of Makassar Minggu 29 Juli 2018.

Memasuki kawasan, obor dibawa langsung Menteri Sosial Republik Indonesia, Idrus Marham. Prosesi penerimaan obor berlangsung di Anjungan City of Makassar dengan cara yang tidak biasa.

Obor Asian Games 2018 disambut dengan prosesi A'ngaru, prosesi Pataka, dan Tari Jenakan Gandrang Bulo.

Acara puncak kirab obor Asian Games 2018 di Makassar ini selain dihadiri Wali Kota Makassar, M. Ramdhan Pomanto, GM MOR7 Pertamina yaitu Tengku Fernanda, dan Francis Wanadi selaku Deputi 2 Panitia Penyelenggara Asian Games 2018.

"Tema Energy of Asia merupakan pengingat dan pemantik kita agar terus meningkatkan jiwa nasionalisme kita. Semangat kemenangan harus kita raih dan bangkitkan," tutur Idrus Marham, dalam Torch Relay .

Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto, mengatakan api Asian Games 2018 ini memiliki makna semangat dalam mengukir prestasi. Tentunya, kedatangan api ini merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat Makassar.

Sedangkan Tengku Fernanda mengatakan bahwa Pertamina mengambil peran keterlibatan mitra UMKM agar dapat memanfaatkan acara ini, Tak hanya berbisnis, namun juga menjadi sociopreneur .

"Semoga Indonesia dapat berjuang dengan penuh semangat di Asian Games," harapnya.

Diketahui, obor Asian Games pertama kali akan dikirab M. Ridwan, atlet kenamaan Sulawesi. Ia merupakan atlet triathlon kebanggaan Indonesia.

Selain pemerintah, artis pembawa obor Daniel Mananta juga mengutarakan ini merupakan bucket listnya untuk dapat menjadi bagian dari Asian Games, hal ini juga menjadi pengalaman yang tidak dapat dideskripsikan. "It was amazing!" tutupnya.

Pada puncak kirab obor Asian Games 2018 di Makassar ini diakhiri di rumah jabatan Gubernur, sebelum akhirnya akan melanjutkan perjalanannya ke Banjarmasin.

Estafet obor yang diakhiri oleh PJ. Gubernur Sumarsono ini disaksikan oleh masyarakat yang memenuhi pekarangan rumah gubernur. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi