Bupati Badung Hadiri "Bhakti Pengayaran" di Pura Mandhara Giri Semeru Lumajang

Jumat, 06 Juli 2018 : 22.00
BADUNG-  Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wabup Badung, Ketut Suiasa serta ASN di lingkungan Pemkab Badung mengikuti ritual "Bhakti Penganyaran", di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Senduro Lumajang, Jatim.

"Upacara penganyaran ini merupakan bentuk syukur dan wujud 'srada bhakti' kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan yang Maha Esa yang 'berstana' di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang," ujar Bupati Giri Prasta dalam rilis Jumat 6 Juli 2018.

Turut mendampingi Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa, Ketua TP PKK Badung, Seniasih Giri Prasta, Wakil Ketua DPRD Badung, Made Sunarta dan Ketua PHDI Badung, Gede Rudia Adiputra,.

Bupati Giri mengatakan, dalam ritual tersebut pihaknya bersama-sama memohon kehadapan "Ida Bhatara" agar dianugerahi keselamatan dan kesejahteraan bagi semua, baik "Bhuana Agung" maupun "Bhuana Alit".

"Dengan 'yadnya' suci ini, semoga alam semesta dijauhkan dari marabahaya dan kami dapat bekerja dengan baik dan masyarakat Badung dapat sejahtera," tuturnya.

Dua 'sulinggih' yakni, Ida Pedanda Made Mas Dwija Putra Griya Mas Taman Sari Baturiti dan Ida Ratu Pedanda Istri Rai Keniten dari Griya Ketewel Gianyar memimpin proses upacara tersebut.

Kemudian pentas wali oleh perwakilan SMP Negeri 2 Mengwi yaitu gong kebyar, tarian Topeng Sidakarya, Rejang, dan Pesantian. Selain itu, sejumlah pemangku dari Pemkab Badung juga tampak "ngaturang ayah".

Setelah persembahyangan bersama itu usai, Bupati Giri Prasta juga menyerahkan bantuan "dana punia" sebesar Rp150 juta yang diterima langsung oleh panitia karya.

Ketua PHDI Kabupaten Lumajang, Edi Sumianto mengucapkan terima kasih rombongan Bupati Badung yang setiap tahun selalu berpartisipasi untuk menyukseskan uoacara piodalan Puja Wali Krama di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang.

"Rangkaian piodalan di Pura Mandhara Giri Semeru Agung ini sudah dimulai sejak Selasa (26/6) dengan upacara Melasti dan Kamis (28/6) lalu merupakan puncak karya. Sementara, untuk upacara Nyineb akan dilaksanakan pada Senin (9/7)," ujarnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi