Antusiasme Masyarakat Ikuti Pencalegan NasDem Bali Cukup Tinggi

Kamis, 05 Juli 2018 : 06.18
Ketua DPW NasDem Bali Oka Gunastawa
DENPASAR- Partai NasDem makin mendapatkan tempat di hati masyarakat setidaknya terbukti dari antusiasme mereka yang ingin maju dalam pencalegan di berbagai tingkatan menggunakan kendaraan partai besutan Surya Paloh.

NasDem Bali mulau membuka pendaftaran calon anggota legislatif DPR, DPRD provinsi, serta DPRD kabupaten/kota untuk Pemilu Legislatif atau Pileg 2019  Rabu 4 Juli 2018.

Pendaftaran dibuka selama 14 hari ke depan hingga ditutup pada 17 Juli 2018. Sejumlah partai politik pun berlomba-lomba merampungkan nama-nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang akan didaftarkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) ke KPU.

“Untuk daftar bacaleg kami sudah rampung. Tinggal kami serahkan ke DPP 7 Juli ini untuk mendapatkan SK (Surat Keputusan)," jelas Ketua DPW Partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa di Kantor DPW Partai Nasdem Bali, Jl. Tukad Batanghari, Denpasar, Rabu (4/7/2018).

Rencananya 16 Juli NasDem secara serentak di seluruh Indonesia akan mendaftarkan bacaleg ke KPU mulai dari tingkat DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi dan DPR RI.

Menariknya, antusiasme tokoh masyarakat maupun tokoh partai politik (parpol) untuk maju nyaleg lewat NasDem cukup tinggi.  Bahkan banyak caleg incumbent di DPRD Kabupaten/Kota yang rela "loncat pagar" pindah nyaleg dari NasDem ke tingkatan yang sama.

Kemudian, banyak pendatang baru (new comers) dengan kapasitas dan kapabilitas mumpuni serta basis massa yang kuat. Hal ini juga membuat proses penjaringan bacaleg cukup kompetitif.

Bagi mereka yang tidak masuk dalam daftar usulan yang ke DPP, pihaknya menyampaikan permakluman dan permohonan maaf.

"Sebab tidak semua bisa ditampung," tambah Gus Oka, sapaannya.

Antusiasme maju nyaleg lewat NasDem ini tidak terlepas dari keberhasilan berbagai terobosan yang dilakukan partai besutan Surya Paloh itu untuk merangsang peningkatan partisipasi publik masuk ke politik praktis dan maju sebagai caleg. Misalnya ada program Indonesia Memanggil dan NasDem Memanggil.

Melalui program ini Partai NasDem membuka ruang seluas-luasnya bagi tokoh masyarakat yang ingin mendaftar sebagai kader dan berniat melenggang menjadi anggota legislatif baik di pusat maupun daerah.

Mereka diminta tak sekadar baik, tapi juga harus bisa terpilih, serta memiliki modal sosial kuat dan rekam jejak yang baik di masyarakat.

"Euforia maju nyaleg lewat NasDem cukup bagus. Tapi kami tetap selektif untuk menampilkan menu-menu, caleg terbaik kepada masyarakat," tegas dia.

Selain itu, caleg perempuan dari NasDem juga sudah memenuhi syarat minimal 30 persen.

"Untuk kuota caleg perempuan hampir 40 persen lebih. Di banyak dapil bahkan ada yang lebih," tandasnya lagi.

Pihaknya mengapresiasi jajaran pengurus di semua tingkatan dan para kader yang sudah bekerja keras merampungkan proses penyusunan DCS ini. Terlebih di tengah kesibukan menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali yang baru saja usai 27 Juni 2018 ini. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi