Sopir Tak Kuasai Medan, Penyebab Bus Terguling di Karangasem

Jumat, 08 Juni 2018 : 22.50
Bus terguling di Karangasem/dok
KARANGASEM-  Berdasar hasil olah TKP, pihak kepolisian menyampaikan penyebab bus yang mengangkut rombongan tirtayatra atau persembahyangan terguling di Karangasem karena sopir tidak menguasai medan.

Sebelumnya, dikabarkan, penyebab tergulingnya Bus DK 9140 UV yang membawa rombongan pemedek asal Singara ke Pura Bhur Bwah, dikemudikan oleh Wayan Hermawan (44) akibat rem blong.

Hanya saja, setelah Unit Lantas Polres Karangasem menggelar olah TKP, diketahui, penyebab bus terbalik di tanjakan Banjar Peninggaran, Desa Seraya Tengah, Karangasem, bukan disebabkan karena rem blong.

Unit Laka Lantas Polres Karangasem Ipda I Nyoman Sucipta, menuturkan, kecelakaan tersebut bukan disebabkan karena bus mengalami rem blong ataupun kelebihan beban.

Namun lebih disebabkan akibat faktor si sopir belum menguasai medan karena baru pertama kali melalui jalur tersebut.

"Bukan karena Karena Rem blong, si sopir belum kuasai medan, karena baru pertama kali melalui jalur tersebut," ujar Sucipta dikonfirmasi wartawan Jumat (8/6/2018).

Sebelum kejadian, ketika menemui jalan tanjakan dijalur TKP, Bus sudah menggunakan perseneleng nomor 1 (gigi 1).

Lantaran tidak memahami jalur tersebut sehingga saat masuk gigi 1 kewalahan untuk melewati jalan tanjakan tersebut yang akhirnya menyebabkan kendaraan mundur dengan perlahan hingga akhirnya terguling sekali di sebelah kanan as jalan dari arah selatan.

Rilis dari Humas RSU Karangasem, data terbaru korban bus terguling tersebut, saat ini yang masih di opname ada 2 orang sementara yang awalnya dirujuk ke RSUP Sanglah hanya satu orang kini berjumlah menjadi 3 orang.

Ada 4 orang lainnya dirujuk ke RS Kerta Husada Buleleng sedangkan sisanya hanya rawat jalan.

Diketahui, Bus Adi Jaya bernopol DK 9140 UF yang mengangkut rombongan pemedek atau yang akan melaksanakan persembahyangan ke Pura Bhur Bwah Karangasem terguling.

Insiden menimpa puluhan penumpang asal Singaraja dalam perjalanan menuju ke Pura Bhur Bwah terjadi sekira pukul 10.00 Wita, Kamis (7/6/2018).

Bahkan, bus nahas dikemudikan Hermawan usai terbalik nyaris terjun ke dalam jurang. Kejadiannya tepatnya berada tanjakan Banjar Peninggaran, Desa Seraya Tengah, Karangasem. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi