Sekda Badung Serahkan Bantuan Keuangan Khusus Rp 1,5 Milar di Abiansemal

Senin, 04 Juni 2018 : 21.54
BADUNG- Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp 1,5 miliar bagi warga Desa Adat Kekeran Desa Angantaka Kecamatan Abiansemal untuk kegiatan pembangunan partisipastf di desa tersebut.

Karya Mapedudus Agung Menawa Ratna Tawur Labuh Gentuh dilaksanakan Krama Desa Adat Kekeran, Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal, menyusul rampungnya renovasi palinggih Pura Dalem.

Bupati Badung diwakili Sekda Adi Arnawa menghadiri rangkaian karya, didampingi PHDI Badung, Majelis Madya, Muspika Kecamatan Abiansemal, dan tokoh masyarakat pada Redite Wage Kuningan, Minggu (3/6/2018).

Arnawa mengadakan persembahyangan bersama dan diberikan kehormatan untuk melakukan pedanan.

Dia menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas karya yang dilaksanakan krama, karena pelaksanaan karya ini merupakan wujud bakti terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Dengan terlaksananya karya ini, Bali khususnya di Badung diharap tetap memiliki taksu, karena merupakan daerah pariwisata yang mampu menghasilkan banyak pendapatan dari pajak dan retribusi.

Karya seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, agar diberikan kerahayuan, ketenteraman, dan keamanan sehingga situasi menjadi kondusif yang secara otomatis dapat menarik kunjungan wisatawan, harap Adi Arnawa.

Guna membantu krama, Adi Arnawa menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp 1,5 miliar.

Penyaluran BKK merupakan pola pembangunan partisipatif di bidang adat, budaya dan agama, serta pengembangan dan pelestarian di bidang adat, budaya dan agama dalam pelaksanaannya perlu mendapat pengawasan dari masyarakat.

Pamucuk Karya I Ketut Kuta melaporkan, jumlah krama Desa Adat Kekeran sebanyak 63 sepaon yang terdiri dari 183 KK dengan jumlah penduduk 639 jiwa.

Dana yang dihabiskan untuk renovasi palinggih sebesar Rp 3,5 miliar yang bersumber dari swadaya krama, APBDes, BKK Kabupaten Badung, BKK Provinsi Bali, dan punia masyarakat.

Sedangkan dana untuk upakara karya sebesar Rp 2 miliar yang bersumber dari BKK Kabupaten Badung sebesar Rp 1,5 miliar dan APBDes Desa Angantaka Rp 500 juta. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi