Rajut Toleransi, Bupati Karangasem Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H

Rabu, 13 Juni 2018 : 03.00
AMLAPURA- Bupati Karangasem I GA Mas Sumatri dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah kepada segenap umat Muslim di Karangasem dan di Bali pada umumnya.

Pada momen hari raya itu, Mas Sumatri mengharapkan, melalui memontum Idul Fitri tercipta kedamaian dalam hati, setelah sebulan penuh melakukan pengendalian diri melalui ibadah puasa. Sehingga toleransi antar-umat beragama semakin kuat demi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Orang nomor satu di Bali bagian timur itu juga mengapresiasi warga Muslim di Karangasem yang relatif tidak pernah berbenturan dengan penganut agama lain, baik karena faktor SARA maupun politik. Bupati mengharapkan kondusifitas yang baik itu harus tetap dijaga sepanjang masa.

Di tengah terpaan ancaman terorisme beberapa waktu lalu, Mas Sumatri mengajak seluruh umat beragama di Karangasem hidup rukun, saling menghargai, menghormati dan berdampingan. Karena bagaimana pun, bangsa ini dibangun oleh beberapa kaum.

“Bangsa Indonesia ditakdirkan beragam, dari suku, agama, golongan dan bahasa. Perbedaan itu adalah kekayaan kita yang harus kita syukuri,” sebut Bupati Mas Sumatri di Karangasem, Selasa (12/6/2018).

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan, Idul Fitri yang berbarengan dengan hajatan Pemelihian Gubernur Bali, 27 Juni mendatang, dapat berlangsung dengan damai dan meminta umat Muslim tidak terjebak dalam politik SARA yang sangat sensitive.

“Jika isu agama mulai dimainkan, maka tatanan kehidupan bisa rusak,” imbuh dia.

Ia mengaku tidak menginginkan Bali seperti daerah-daerah lain yang terpancing politisasi agama sebagai komoditi ‘jualan’ dalam pilkada. Meskipun potensi seperti itu tetap ada, namun melalui semangat persatuan, ‘jualan’ isu agama tidak akan mempan.

“Ini momentum luar biasa bulan Juni 2018. Umat Hindu merayakan Galungan dan Kuningan, saudara-saudara Muslim merayakan Ramadhan dan Idul Fitri, sekaligus pilkada serentak. Kita damai-damai saja di Bali,” ucapnya.

Kepada umat Muslim Karangasem yang melakukan mudik (pulang kampung) ke daerahnya masing-masing, Mas Sumatri meminta agar berhati-hati di jalan, menyiapkan kendaraan dengan baik, mengutamakan keselamatan, memanfaatkan layanan yang diberikan pemerintah atau swasta serta dianjurkan tidak mengendarai sepeda motor jarak jauh. Intinya utamakan keselamatan.

"Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Mas Sumatri didampingi Wakil Bupati Artha. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi