Pemkab Badung Serahkan Bantuan Peralatan Kerja Bagi 8 Kelompok UMKM

Rabu, 27 Juni 2018 : 14.22
BADUNG- Dinas Koperasi Usaha kecil menengah dan perdagangan menyerahkan bantuan peralatan kerja kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Badung di Ruangan Kriya Gosana Puspem Badung, Selasa (26/6/2018)

Penyerahan bantuan Bupati Badung diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan I Dewa Made Apramana yang didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha kecil menengah dan perdagangan I Ketut Karpiana dan beberapa perwakilan dari para UMKM yang ada di Badung.

Ada 8 kelompok UMKM yang ada di Badung diantaranya pengerajin ukiran yang berasal dari beberapa daerah seperti Abiansemal, Dalung dan Mengwi, bantuan tersebut sudah dilakukan Pemkab Badung untuk yang ke 5 kalinya dan adapaun bantuan yang diserahkan antara lain berupa alat-alat kerja seperti pahat dan mesin potong yang berkaitan dengan Ukiran.

Kepala Dinas Koperasi Usaha kecil menengah dan perdagangan I Ketut Karpiana melaporkan pemberian bantuan hibah peralatan untuk UMKM ini bukan yang pertama kalinya.

Sebelumnya juga sudah diberikan hibah ini sebagai wujud nyata Pemerintah Kabupaten Badung yaitu bagaimana meningkatkan dan mendorong pertumbuhan UMKM yang ada di Badung.

"Jadi ini untuk meningkatkan pilar perekonomian yang ada di Desa menjadikan Desa-Desa tersebut sebagai pusat pertumbuhan ekonomi," katanya.

Bantuan ini, tidak hanya sebatas bantuan saja tetapi dari hulu sampai ke hilir kita dampingi, jadi hulunya apa yang dibutuhkan seperti fasilitas di bidang sarana dan prasarana kemudian dari hilir didampingi.

Selain itu, dibina bidang SDM berupa pelatihan-pelatihan seperti bagaimana mengelola usaha tersebut dengan baik.

Tujuan Hibah ini adalah berupa bantuan peralatan yang bertujuan meningkatkan UMKM dan mendorong tumbuhnya UMKM di Badung.

"Apa yang kita berikan sekarang ini dalah untuk meningkatkan produktifitas daripada UMKM yang ada di Kabupaten Badung,” sambungnya.

Bupati Badung dalam sambutan  dibacakan Perekonomian dan Pembangunan I Dewa Made Apramana mengatakan perekonomian daerah pada umumnya di topang oleh kegiatan ekonomi berskala kecil dan menengah unit usaha yang masuk dalam katagori usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan urat nadi perekonomian Daerah dan N asional.

Peranan pemerintah sebagai salah satu prasyarat keberhasilan dalam pengembangan UMKM sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang berdaya saing tinggi.

Mengingat sebagian besar penduduk adalah pelaku usaha mikro kecil yang memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan produk-produk yang berorientasi pada export.

Untuk itu, pemerintah memberikan bantuan berupa peralatan kerja bagi UMKM untuk meningkatkan produksi dan mengembangkan usaha.

Dengan begitu, nantinya mampu membangun lapangan pekerjaan bagi orang-orang disekitarnya kegiatan pengadaan peralatan kerja bagi usaha kecil menengah bertujuan untuk mendukung pelaksanaan  operasional atau produk UMKM agar dapat dilaksanakan dengan maksimal. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi