Pemkab Badung Fasilitasi Percepatan Sertifikasi usaha Pariwisata

Senin, 25 Juni 2018 : 09.45
Kadisparda Badung I Made Badra 
BADUNG- Pemerintah Kabupaten Badung memfasilitas percepatan sertifikasi usaha pariwisata dalam rangka usaha pariwisata memiliki kualifikasi sesuai kebutuhan zaman dan berstandar.

"Sertifikasi usaha pariwisata merupakan amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan," jelas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Made Badra usai menghadiri kegiatan percepatan sertifikasi usaha pariwisata di Kabupaten Badung, di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Senin 25 Juni 2018.

Maksud dan tujuan percepatan sertifikasi ini adalah meningkatkan kesadaran pelaku usaha pariwisata, untuk melakukan sertifikasi usaha pariwisata sebagai suatu kewajiban yang telah diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata, total dokumen yang diserahkan untuk percepatan sertifikasi berjumlah 300-an. Terdiri dari usaha hotel sebanyak 100 usaha, usaha restoran sebanyak 100 usaha, dan usaha spa sebanyak 100 usaha.

“Kami harapkan ke depan seluruh usaha bidang pariwisata di Badung ini tersertifikasi, agar produk yang dihasilkan juga memiliki standar,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, menyampaikan  industri pariwisata merupakan tulang punggung dan sektor andalan yang berkontribusi besar dalam pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Badung.

Pengelola industri pariwisata membutuhkan manajemen yang profesional, sehingga usaha pariwisata dapat tumbuh dan berkembang sebagai motor penggerak pembangunan daerah.

Diharapkan pelaku pariwisata mempersiapkan diri terhadap persyaratan dasar maupun kriteria, sehingga penilaian administrasi dapat terpenuhi.

"Hendaknya para pengusaha dapat melakukan penilaian diri sebelum melaksanakan sertifikasi usaha, karena akan memperlancar proses sertifikasi,” ujar Arnawa.  (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi