Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem Dorong Lahirnya Generasi Berintegritas Berwawasan Budaya

Rabu, 20 Juni 2018 : 20.28
KARANGASEM-  Ajang Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem Tahun 2018 diharapkan bisa mendorong kemampuan dan kapasitas generasi muda Karangasem agar menjadi sosok / figur yang kreatit, inovatif, ramah, percaya diri.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem yang juga selaku ketua panitia I Wayan Astika mengatakan, ajang Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem Tahun 2018 untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas generasi muda Karangasem agar menjadi sosok / figur yang kreatit, inovatif, ramah, percaya diri.

"Figur berjati diri serta memilikl integritas dan wawasan yang baik tentang budaya dan pariwisata daerah," ucap Astika saat memperingati momentum peringatan  HUT Kota Amlapura Ke-378 Selasa (19/6/2018).

Pembukaan ditandai dengan  pemukulan reong (kempul) secara bersamaan, di Lapangan Stadion Amlapura.

Acara dihadiri Ketua DPRD.Karangasem I Nengah Sumardi dan didampingi Kadis Pariwisata Wayan Astika membuka secara resmi malam grand final pemilihan Jegeg Bagus Karangasem tahun 2018. Pembukaan ditandai pemukulan reong (kempul) secara bersamaan, di Lapangan Stadion Amlapura. 

Pemilihan jegeg bagus Karangasem tahun 2018 dimeriahkan dengan hiburan seperti tarian Sekar Tunjung dan bondres Merthajaya.

Tema Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem Tahun 2018 adalah “Cultural Heritage Being Our Identity” yang mengandung makna betapa pentingnya peranan generasi muda dalam memahami keanekaragaman budaya sebagai identitas diri.

Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem Tahun 2018 direkrut melalui masa pendaftaran mulai tanggal 1 April s/d 4 Mei 2018 terdiri dari siswa/siswi SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem serta perwakilan dari Sekaa Teruna Teruni dengan total jumlah peserla yang mendaftar sebanyak 70 (tujuh puluh) orang, terdiri dari 30 (tiga puluh) peserta Bagus den 40 (empat puluh) peserta Jegeg.

Ada 2 (dua) orang peserta Jegeg berhalangan hadir sehingga peserta terseleksi berjumlah 68 (enam puluh delapan) orang.

"Dapat kami sampaikan, Tahun 2018 ini merupakan capaian peserta terbanyak selama belangsungnya ajang Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem sejak tahun 2007," sambungnya.

Pembiayaan pelaksanaan Kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Generasi Muda Pariwisata Tahun 2018 bersumber dari bantuan keuangan kabupaten/kodya (PHR) yang disusun dalam APBD Kabupaten Karangasem dan dituangkan ke dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perangkat Daerah (DPA-SKPD) Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem melalui Program Kemitraan.

Bupati Karangasem dalam sambutannya dibacakan Sekda Mulyadi mengatakan menyambut baik serta mengapresiasi pelaksanaan ajang Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem sebagai bagian dari upaya membangun kapasitas dan peran generasi muda dalam mendukung keberhasilan pembangunan kepariwisataan daerah.

Generasi muda sebagai bagian dari masyarakat dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki berupa kreativitas dan pengetahuan.

Bukan hanya berperan sebagai tuan rumah (host) namun sekaligus memiliki kesempatan sebagai pelaku pengembangan kepariwisataan sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya.

Peran bersama dengan pemerintah dan swasta melalui sinergi yang terarah dan berkesinambungan tentu sangat diperlukan untuk menyiapkan masyarakat, khususnya generasi muda pariwisata agar semakin memiliki kapasitas dan kemandirian.

Juga, berperan aktif dalam mendukung keberhasilan pembangunan kepariwisataan di tingkat Iokal, regional, dan bahkan di tingkat nasional.

Penyelenggaraan pemilihan duta pariwisata melalui ajang Pemilihan Jegeg Bagus merupakan bagian integral dari pembangunan kepariwisataan serta pelestarian nilai-nilai seni dan budaya.

Pemilihan Jegeg Bagus merupakan upaya dalam pengembangan dan peningkatan kemampuan dan kapasitas generasi muda sehingga mampu menjadi mitra pemerintah daerah untuk turut serta meningkatkan citra pariwisata daerah melalui kiprah, aktifitas, dan kreatifitas yang dilakukannya sebagai Duta Pariwisata yang smart, charming, serta hospitable.

Ajang Pemilihan Jegeg Bagus juga dapat dimaknai sebagai bagian dari atraksi wisata yang bertujuan untuk meIestarikan budaya daerah, sekaligus sebagai sarana pengembangan potensi bakat, kreativitas, dan kecerdasan putra-putri generasi muda Karangasem.

Diharapkan, menjadi figur yang mampu berperan dalam mempromosikan khasanah seni, budaya, dan pariwisata daerah dalam skala Iokal, nasional, bahkan internasional.

Harapannya, agar berkiprah positif ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan kualitasnya ke arah yang lebih baik lagi dengan semangat membangun bangsa, meningkatkan citra pariwisata daerah untuk memperkuat Pesona Indonesia di mata dunia melalui peran Jegeg Bagus sebagai Duta Pariwisata.

"Saya menghimbau kepada para Finalis Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2018 agar menjadikan ajang ini sebagai upaya untuk meningkatkan peran serta generasi muda pada umumnya serta diri pribadi pada khususnya sebagai duta dan penggerak pembangunan di daerah," sambungnya.

Itu, semua dalam upaya meningkatkan citra kepariwisataan Kabupaten Karangasem melalui semangat dan nilai-nilai yang dimiliki oleh Bali atau “The Spirit of Bali” menuju Karangasem bangkit dan bermartabat," ujarnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi