Menteri PANRB Minta ASN Karangasem Asah Jiwa Entrepreneurship

Minggu, 24 Juni 2018 : 08.56
AMLAPURA- Manteri Negara Pendayagunaan Aperatur Negara Reformasi dan Birokrasi Dr Asman Abnur berharap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Karangasem terus memupuk jiwa entrepreneurship atau inovatif.

Hal itu disampaikan saat peresmian Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Karangasem. Menpan berkeliling ke setiap ruang yang memberikan pelayanan kepada masyarakat Karangasem. Dia bertanya kepada petugas yang menjaga stand tersebut terkait apa saja pelayanan yang diberikan.

Dalam sambutanya di depan para ASN Menpan minta agar ASN di Karangasem punya jiwa interprener.

"Harus punya jiwa interprener, kalau buat anggaran harus jelas kegunaanya,” ujarnya di depan Bupati IGA Mas Sumatri, Gusti Made Tusan dan juga Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa dan jajaran Opd di Karangasem.

Untuk itu ada laporan kinerja pemerintah. Di Karangasem sendiri nilainya sudah B gemuk dan tidak lama lagi menjadi double B.  Kalau sudah BB maka Menteri keuangan akan memberikan intensif sehingga ada tambahan anggaran.

Menpan juga mengatakan, kinerja OPD itu diukur serapan anggaran selain memang mengekar WTP. Dengan demikian maka manfaat anggaran buat rakyat jadi jelas. Jangan sampai banyak program dengan kegiatan yang tidak nyambung.

PNS sekarang gaji dan tunjanganya sudah di perbaiki. Sekarang sistempensiun juga akan dilakukan perbaikan, sehingga kedepan pension disambut bahagia karena memang bisa membahagiakan. Dengan seperti ini tidak ada alasan lagi ASN bekerja tidak bagus, dan harus lebih professional dari pegawai swasta. Jangan sampai takut tidak kerja karena ada atasan atau karena absen.

Dirinya mengaku kagum dengan gebrakan Pemkab Karangasem dengan membuat MPP. MPP ini kalau di Negara maju itu dikenal dengan public service.

Karena itu ASN jangan pernah berhenti berinovasi dan jangan larut dengan zona nyaman. Pelayanan publik seperti ini akan di pertandingkan setiap tahun. dia mencontohkan apa yang dilakukan Bupati Teluk Bontone, Papua yang berhasil menjadi juara dunia dalam urusan pelayanan public.

Salah satu gebrakanya adalah menekan penyakit Malaria di daerahnya.

“Ini berhasil dan dapat juara dunia untuk pelayanan dan baru baru ini menerima penghargaan di Maroko, kedepan saya harap Karangasem bisa menyusul,” harapnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi