Hari Raya Kuningan, Ribuan Umat Hindu Padati Pura Sakenan

Sabtu, 09 Juni 2018 : 20.33
Persembahyangan bersama di Pura Sakenan, Denpasar
DENPASAR- Ribuan umat Hindu dari berbagai tempat memadati Pura Sakenan Desa Pekraman Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan bertepatan dengan hari raya Kuningan atau pada Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (9/6/2018.

Umat Hindu sangat antusias menyambut dan merayakan hari Raya Kuningan, selain sembahyang di merajan rumah masing-masing, umat juga tangkil ke sejumlah pura, salah satunya Pura Sakenan.

Plt. Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara berserta Pimpinan, dan staf OPD di Lingkungan Pemkot Denpasar tampak bersembahyang di Pura Sakenan yang juga puncak Karya Pujawali.

Persembahyangan bersama dipuput dua sulinggih yakni Ida Pedanda Gede Putra Telaga Griya Telaga Sanur dan Ida Pedanda Gede Putra Bluangan Griya Gede Delod Pasar.

Pelaksanaan puncak pujawali ini terasa sangat khusuk  diiringi dengan tarian wali, topeng, kekidungan dan gambelan. Pujawali ini merupakan suatu wujud rasa syukur yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dalam upaya melanjutkan pembangunan di Kota Denpasar.

Plt. Walikota Jaya Negara mengatakan, dengan selalu memohon petunjuk kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dari pelaksanaan upacara ini mampu memantapkan Sradha Bhakti kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari namun tak terlepas dari hal tersebut.

"Diharapkan kepada pemedek yang tangkil agar tertib dan mematuhi aturan yang ada, selalu menjaga kebersihan lingkungan Pura serta membuang pada tempatnya sarana-sarana persembahyangan yang telah selesai dipakai sehingga tercipta kenyamanan bersama," harapnya.

Lurah Serangan Wayan Karma mengatakan, Upacara pujawali ini secara rutin dilaksanakan  bertepatan pada Saniscara Kliwon Wuku Kuningan dilaksanakan selama 5 hari dan penyineban pada hari Selasa mendatang.

“Melalui bantuan dari Pemerintah Kota Denpasar serta seluruh komponen masyarakat agar selalu menjaga lingkungan areal Pura serta penataan parkir yang rapi diharapkan dapat memberi rasa nyaman dan aman dalam melaksanakan persembahyangan,” harapnya. (des).

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi