Bupati Giri: UMKM Berperan Penting Tingkatkan Perekonomian Rakyat

Rabu, 06 Juni 2018 : 23.30
Produk UMKM/dok.
BADUNG- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menegaskan UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian rakyat meskipun dalam situasi krisis.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat.

"Karena itu, kami menggelar seminar bertajuk UMKM Sukses dan Mandiri untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Kabupaten Badung," ujar Bupati Giri Prasta, di Pusat Pemerintah Badung, Rabu 6 Juni 2018.

Saat membuka kegiatan yang digelar Dinas UKM, Koperasi dan Perdagangan Badung tersebut, Bupati Giri Prasta mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang menghadirkan pakar marketing ternama di Indonesia, Hermawan Kertajaya.

"Itu merupakan wujud dari kesinambungan program nasional yaitu Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana. Saatnya Pemkab Badung harus memberi perhatian lebih kepada pelaku usaha di wilayah Kabupaten Badung. Ini saatnya bukan lagi masyarakat yang membantu pemerintah, namun sebaliknya pemerintah yang membantu masyarakat," katanya.

Terkait dengan pengembangan UMKM, Bupati Giri Prasta menjelaskan, Pemkab Badung telah bekerja sama dengan Prasetya Mulya Jakarta dalam membangun UMKM di Kabupaten Badung.

"Kami telah melakukan dokumentarisasi terkait pembenahan data usaha yang sudah ada, yang sedang berkembang dan yang akan terbentuk," katanya.

Bupati Giri Prasta menambahkan, selain menggelar pelatihan terhadap pelaku UMKM, Pemkab Badung juga akan memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha, dan membuat badan investasi.

Harapannya, badan usaha ini bisa bekerja sama dengan Badan Usaha yang ada di desa, sebab hal ini adalah potensi yang ada milik desa.

Bupati Giri Prasta juga berencana, UMKM di Badung akan menerapkan sistem digital milenial untuk memutus mata rantai spekulan-spekulan.

"Itu tujuannya agar para pelaku UMKM Badung dapat bersaing di tataran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)," ujar Giri Prasta.

Menurutnya,  UMKM memiliki peranan yang penting dalam peningkatan perekonomian masyarakat walaupun saat krisis. Hanya saja, menurutnya, pelaku UMKM perlu didampingi dalam pengembangan kapasitas dan akses sumber daya produktif.

"Kami memiliki komitmen untuk terus meningkatkan, mendorong tumbuhnya UMKM di Kabupaten Badung sesuai salah satu misi kami yaitu memperkuat UMKM sebagai pilar ekonomi kerakyatan, termasuk dengan mendatangakan pakar ekonomi nasional," imbuhnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi