Awasi Pilgub Bali, Masyarakat Jangan Takut Gabung Bara Sita

Kamis, 21 Juni 2018 : 17.50
Ketua DPW Partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa (kanan)
DENPASAR- Masyarakat umum diminta untuk tidak takut bergabung dalam gerakan moral Barisan Rakyat Saksi Semesta (Bara Sita) untuk mencegah kecurangan di TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pilgub Bali 27 Juni ini.

Hal itu disampaikan Ketua DPW Partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa menjelang beberapa hari pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Kata Gunastawa, jika ada pihak-pihak yang menghalang-halangi niat dan upaya mendokumentasikan proses pencoblosan dan penghitungan suara maka dipastikan mereka ingin mencurangi perolehan suara Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta).

"Kejujuran pencoblosan dan penghitungan suara Pilgub Bali harus kita kawal dengan ikut menjadi Saksi Semesta. Jangan takut rekam, upload dan share. Kalau ada yang halangi dan intimidasi berarti mereka mau curang,"  kata Oka Gunastawa di Denpasar, Kamis (21/6/2018).

Gus Oka, sapaanya, masyarakat harus merasa aman, nyaman dan terlindungi ketika ingin memastikan pencoblosan dan penghitungan suara ini bebas dari kecurangan melalui gerakan Saksi Semesta ini. Jikapun ada penghalangan, Gus Oka meminta masyarakat juga mendokumentasikannya dan membagikan momen tersebut ke media sosial.

"Kalau ada penghalangan dan intimidasi untuk tidak melakukan dokumentasi di TPS itu bagian dari proses menghasilkan pernah yang tidak terlegitimasi," tegas dia.

Saksi Semesta melalui TPS  Live ini merupakan terobosan NasDem Bali dalam rangka mendorong partisipasi publik untuk turut mengawal suara. Dokumentasi dilakukan baik melalui pengambilan gambar foto maupun rekaman video dengan smart phone masing-masing warga.

Lalu semua dokumentasi proses pencoblosan hingga rekapitulasi penghitungan suara diharapkan diunggah ke media sosial masing-masing lalu dibagikan. Bisa juga rekaman dilakukan secara live misalnya melalui Facebook Live sehingga menjadi TPS Live. Hal itu tentu mampu merekam segala hal yang terjadi di TPS.

Gerakan Saksi Semesta diharapkan membangkitkan kesadaran publik untuk ikut mewujudkan Pilgub Bali yang jujur adil dan berintegritas dengan aktivitas rekam, upload dan share di media sosial. NasDem juga meluncurkan hastag #TPSLive  dan #medsosutuk_kebenaran demi upaya mengawal kemenangan rakyat Bali.

Gerakan Saksi semesta ini rencananya secara resmi akan diluncurkan pada Kamis (21/6/2018) di taman Patung Titi Banda, Denpasar. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi