Siapkan Anggaran Rp9,3 Miliar, Badung Kembangkan ATCS

Sabtu, 26 Mei 2018 : 23.30
BADUNG- Pemerintah Kabupaten Badung menyiapkan dukungan anggaran hingga Rp 9,3 miliar guna melanjutkan pembangunan area traffic controls System (ATCS) atau sistem pengendali lampu lalu lintas pada 2018.

Anggaran sebesar itu, guna pembangunan ATCS tahap III yang sedang dalam tahap tender di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung Tofan Priyanto, menyebutkan saat ini, Badung total memiliki 41 simpang.

"Sebanyak 20 sudah terbangun ATCS, termasuk bantuan dari APBN dan masih kurang 21 simpang yang belum ada ATCS," jelasnya kepada wartawan Kamis 25 Mei 2018.

Sesuai rencana ATCS akan dibangun pada 10 titik. Pembangunan di 10 titik ini adalah pembangunan baru. Meliputi Simpang Beraban di Kuta, Simpang Nakula di Kuta, Simpang Camplung Tanduk di Kuta, Simpang Batu Bolong di Kuta Utara, Simpang Kwanji di Kuta Utara, Simpang Bangsal di Kuta Utara, Simpang LPD Dalung di Kuta Utara, Simpang Pererenan di Mengwi, Simpang Seseh di Mengwi, Simpang Abianbase di Mengwi.

Disamping itu, juga ada titik lainnya merupakan penambahan fasilitas saja. Sebab, sudah terpasang infrastrukturnya.

“Tinggal menambah seperti kamera, menyambungkan kabel FO (fiber optic), itu saja,” jelas Tofan.

Ada enam simpang yang mendapattambahan fasilitas, di antaranya Simpang Kediri Jalan Raya Tuban di Kuta, Simpang Kalianget di Kuta, Simpang Patih Jelantik di Kuta, Simpang Sunset Mertanadi Timur di Kuta, Simpang Lukluk di Mengwi, dan Simpang Kapal di Mengwi.

Targetnya pengerjaan pembangunan ATCS harus sudah rampung sebelum akhir tahun. “Yang jelas akhir tahun ini sudah harus selesai,” tegasnya. Berdasarkan data di LPSE, hingga siang kemarin total sudah ada 12 rekanan yang menyatakan berminat atas proyek ini.

Dikatakan, pembangunan ATCS atau sistem pengendali lampu lalu lintas berfungsi melakukan monitoring sejumlah persimpangan. ATCS dilengkapi dengan satu kamera berputar, sehingga dengan alat canggih itu petugas lebih mudah dapat memantau kondisi lalu lintas. (*)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi