Sambut Galungan dan Hibur Wisatawan, DSM Kuta Gelar Festival Penjor

Senin, 28 Mei 2018 : 16.30
Festival Penjor dan Gebongan digelar Dicovery Shopping Mall Kuta menjadi suguhan tersendiri bagi wisatawan
DENPASAR- Menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan  Discovery Shopping Mall (DSM) menggelar Festival Penjor dan Gebogan sekaligus menyuguhkan hiburan bagi wisatawan yang tengah berlibur di Pulau Bali.

Kegiatan dipusatkan di lantai II DSM Kuta yang berlangsung selama dua hari, Jumat (25/5) - Sabtu (26/5/2018).

Festival diikuti seluruh unit bisnis yang tergabung dalam PT. Bali Utama Cakrawala dan turut serta berpartisipasi seluruh tenant - tenant di DSM serta banjar dan masyarakat desa adat di wilayah Kuta.

Marcomm Manager DSM, Juli Erliyanto mengatakan, tujuan festival ini untuk berpartisipasi dalam pelestarian kebudayaan dimana kegiatan ini dalam rangka Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Selain itu, memperkenalkan kepada para wisatawan, baik domestik maupun internasional tentang keanekaragaman budaya Bali.

"Ajang ini, juga untuk meningkatkan persaudaraan dalam internal masyarakat di lingkungan wilayah Kuta," ucapnya.

Dengan demikian, dalam proses pelaksanaannya menampilkan berbagai atraksi, ritual dan kearifan lokal.

"Pada akhirnya tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran akan kebudayaan dan keagamaan yang patut untuk dijaga, diperhatikan dan dilestarikan," ungkapnya.

Ada beberapa peraturan dalam lomba Penjor dan Genbongan yang dibuat harus memiliki nilai religius dan seni yang lebih menonjolkan kreasi seni.

Peserta tidak diperkenankan menggunakan hiasan patung dari styrofoam dan semua bahan - bahan dari styrofoam.

"Intinya, kami lebih menampilkan kearifan lokal. Dan ada beberapa kriteria yang harus menampilkan asli Bali, seperti pala bungka dan pala gantung harus menggunakan buah lokal hasil dari bumi Bali. Diperkenankan juga menggunakan padi yang terikat pada batang bambu untuk Penjor," tutur dia,

Adapun penilaian lomba Penjor dilakukan  empat orang juri masing - masing Mangku Wayan Wahyu dari Desa Adat Kuta, Gede Adi Rudia Putra dari Tri Hita Karana, Gede Satria Budi Utama dari UNHI dan Nyoman Mudiasa dari IHDN.

Akhirnya tim yuri  memutuskan juara I Festival Penjor diraih Discovery Kartika Plaza Hotel, juara II Discovery Shopping Mall dan SOGO berada di posisi ke tiga.

Sementara lomba Gebogan juara I Batik Keris, SOGO diposisi ke dua dan Home@36 hotel di urutan ke tiga. Festival berlangsung semarak dan mendapat antusiasme wisatawan asing dan domestik yang tengah berlibur di Kuta juga masyarakat lainnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi