Koster Harapkan Kegiatan Upacara Keagamaan Dilandasi Semangat Gotong Royong Umat

Sabtu, 12 Mei 2018 : 22.52
KLUNGKUNG- Calon gubernur Bali nomor urut 1, Wayan Koster mengharapkan masyarakat Bali dalam melaksanakan yadnya atau upacara keagamaan misalnya ngaben massal dan lainnya senantiasa dilandasi semangat gotong royong.

Hal itu disampaikan Koster saat  melaksanakan simakrama dengan Pretisentana Arya Blog desa Pakraman Antiga dan Desa Pakraman Gegelang, di Kabupaten Karangasem, Sabtu (12/5/2018).

Simakrama dilaksanakan, saat menghadiri upakara Pitra Yadnya (ngaben massal) yang dilaksanakan Pesemetonan Ageng Arya Blog di dua desa Pakraman tersebut.

Hadir Penglingsir Rage Duwe Ayun Arya Blog, I Gusti Ngurah Alit Kesuma Kelakan, Ketua Tim Pemenangan Koster-Ace Kabupaten Karangasem Gde Dana, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karangasem, dan Pesemetonan Ageng Arya Blog desa Pakraman Antiga dan Desa Pakraman Gegelang.

Pada kesempatan itu, Koster memuji upakara Pitra Yadnya yang dilaksanakan oleh Pesemetonan Ageng Arya Blog tersebut.

“Ini sebuah contoh semangat kekeluargaan dan gotong royong yang sangat baik dan terpuji, karena menyangkut penghargaan terhadap leluhur dengan cara bergotong royong,” ujar Koster.

Cagub Bali yang berpasangan dengan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster Ace) ini memaparkan lima bidang program prioritasnya.

Khusus di bidang adat, agama, tradisi dan Budaya, kata Koster, upacara ngaben massal menjadi salah satu program unggulan.

Karena itu ia akan mendorong upakara ngaben massal seperti yang dilaksanakan Pesemetonan Ageng Arya Blog ini untuk dijalankan di seluruh Bali.

“Ngaben massal secara bergotong royong ini dijalankan di seluruh Bali sehingga bisa meringankan biaya yang dikeluarkan masyarakat,” kata Koster.

Selain Ngaben massal, Koster juga akan mendorong agar upacara yang terkait dengan manusia yadnya seperti Metatah massal, mepetik, dll juga dilaksanakan dengan gotong royong.

“Ini sangat baik sekali untuk membangun kebersamaan sehingga memperkuat dan merekatkan persaudaraan,” katanya.

Jika dirinya terpilih menjadi gubernur Bali maka pemerintah akan memberikan bantuan (subsidi) untuk pelaksanaan upacara yang sifatnya massal tersebut. Dananya bersumber dari APBD Provinsi Bali.

“Kami siap membantu untuk meringankan masyarakat dalam pengeluaran biaya-biaya untuk upakara,” papar Koster.

Penglingsir Rage Duwe Ayun Arya Blog I Gusti Ngurah Alit Kelakan mengucapakan terimaksaih atas kehadiran Koster pada acara pengabenan massal tersebut.

Alit Kelakan yang juga Sekretaris Tim Pemenangan Koster-Ace Provinsi Bali ini mengatakan, jumlah Pasemetonan Ageng Pratisenata Arya Blog di Desa Pakraman Antiga dan Desa Pakraman Gegelang sebanyak 400 KK (Kepala Keluarga).

Di akhir acara simakrama tersebut, Pratisentana Arya Blog Desa Antiga dan Gegelang secara bulat menyatakan dukungan kepada Koster-Ace.

Mereka juga siap menggalang dukungan Pratisentana Arya Blog yang ada di seluruh Bali untuk memenangkan Koster-Ace pada Pilgub Bali 27 Juni mendatang. (*)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi