Jelang Hari Raya Galungan, DLHK Denpasar Siagakan 45 Truk Sampah

Kamis, 24 Mei 2018 : 14.25
dok.kabarnusa
DENPASAR- Dalam upaya mengantisipasi menumpuknya sampah menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan agar tidak menganggu keindahan kota, DLHK Denpasar telah menyiagakan tenaga kebersihan dan truk pengangkut sampah.

Aktivitas masyarakat saat perayaan hari besar keagamaan memang identik dengan peningakatan valume sampah rumah tangga seperti saat perayaan Hari Suci Galungan mendatang volume sampah diprediksi mengalami peningkatan hingga 70 persen dari total 3.200 meter kubik di hari biasa.

"Sampah ini biasanya didominasi sisa upakara dan rumah tangga," sebut Kadis Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, I Ketut Wisada  Kamis (24/5/2018)

Ia mengatakan, meningkatnya aktivitas masyarakat saat hari Suci Galungan  tentu berdampak pada meningkatnya volume sampah.

Dalam upaya mengantisipasi menumpuknya sampah agar tidak menganggu keindahan kota, DLHK Denpasar telah menyiagakan tenaga kebersihan dan truk pengangkut sampah.

Menurut Wisada, adapun total seluruh tenaga kebersihan yang disiagakan yakni 1.000 orang tenaga. Jumlah tersebut meliputi 370 tenaga angkutan, 550 tenaga penyapuan dan 180 tenaga pasukan. Keseluruhan tenaga tersebut nantinya mengatasi penumpukan jumlah sampah di wilayah tugas masing-masing dan tersebar pada 43 Desa/Kelurahan di Kota Denpasar.

"Secara umum dalam mengatasi meningkatnya jumlah sampah di Kota Denpasar saat pelaksanaan hari Suci Galungan dan Kuningan kami di DLHK sudah siap dengan personil yang sudah ada sebagai upaya menjamin kebersihan dan keindahan Kota Denpasar," paparnya.

Lebih lanjut Wisada menghimbau agar masyarakat turut andil dalam memilah sampah utamanya yang dapat didaur ulang agar dapat dimaksimalkan pada bank sampah. Dan untuk sampah yang tidak dapat di daur ulang agar di buang sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan swakelola sampah di masing-masing desa.

"Kami imbau masyarakat untuk turut andil dalam menjaga kebersihan saat pelaksanaan Hari Suci Galungan dan Kuningan yang akan datang dengan memilah dan membuang sampah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan guna menghindari penumpukan sampah," harapnya.(des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi