Giliran Juru Buku Koperasi Digembleng Dekopinda Tabanan

Senin, 07 Mei 2018 : 22.12
Suasana diklat Manajemen SDM Kopereasi Berbasis Kompetensi bagi Juru Buku Koperasi yang digelar Dekopinda Tabanan
TABANAN - Usai menggembleng Kasir Koperasi melalui pendidikan dan pelatihan (diklat), kini giliran Juru Buku Koperasi digembleng  Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tabanan.

Selama dua hari,  para juru buku koperasi di Tabanan digembleng Dekopinda Kabupaten Tabanan melalui diklat Manajemen SDM Koperasi Berbasis Kompetensi bagi Juru Buku Koperasi di Aula Gedung Dekopinda Tabanan, selama tiga hari, Senin - Rabu (7-9/5/2018)

Ketua Panitia Diklat I Wayan Westa mengungkapkan diklat untuk juru buku koperasi ini  diikuti 30 orang peserta, utusan  dari koperasi seluruh Kabupaten Tabanan.

"Narasumber diklat dari Dekopinda, Dinas Koperasi dan UKM serta tenaga profesional dari akademisi," katanya, Senin (7/5/2018)

Menurut Westa, diklat ini digelar Dekopinda Tabanan untuk meningkatkan kompetensi juru buku koperasi agar sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Koperasi sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi Nomor 15 Tahun 2015

Terkait hal itu, selama diklat peserta akan menerima berbagai materi dari para narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Disebutkan, materi yang diberikan di antaranya adalah Kebijakan pemberdayaan koperasi dan UKM, Gerakan dan tantangan pengembangan koperasi, SKKNI Koperasi, Dasar-dasar Manajemen, Prinsip-prinsip Pengelolaan organisasi dan manajemen Koperasi Jasa Keuangan (KJK).

"Para peserta juga diberikan materi teori dan praktek Teknik Komunikasi, Pengelolaan tabungan dan operasional komputer," ujarnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan AA. Gede Dalem Trisna Ngurah yang juga menjadi narasumber dalam diklat mengapresiasi Dekopinda Tabanan yang telah menggelar Diklat Manajemen SDM Koperasi Berbasisi Koetensi bagi Juru Buku Koperasi ini.

Dalem Trisna berharap adanya diklat ini bisa meningkatkan manajemen dan kompetensi juru buku koperasi di Tabanan sesuai dengan SKKNI.

" Berdasarkan data tahun 2017, SDM Koperasi yang berkompeten di Tabanan tercatat baru 162 orang. Dari jumlah tersebut juru buku koperasi yang berkompeten baru ada 17 orang," katanya berterus-terang. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi