Dekopinda Tabanan Gelar Pelatihan Kasir Koperasi

Rabu, 02 Mei 2018 : 13.30
Suasana diklat Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi Berbasis Kompetensi bagi Kasir Koperasi Kabupaten Tabanan di Aula Gedung Dekopinda Tabanan
TABANAN - Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tabanan menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi Berbasis Kompetensi bagi Kasir Koperasi Kabupaten Tabanan di Aula Gedung Dekopinda Tabanan, selama tiga hari mulai Rabu - Jumat (2-4/5/2018)

Ketua Dekopinda Kabupaten Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa mengungkapkan, Diklat yang khusus digelar bagi Kasir Koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kasir koperasi agar berekompeten dan bisa bekerja secara profesional.

"Kasir koperasi merupakan profesi yang sangat menentukan dan memiliki peranan penting karena sebagai garda terdepan dalam pembukuan. Salah dalam mengentri data, maka seluruh pembukuan berikutnya juga akan salah," katanya di sela-sela acara pembukaan diklat, Rabu (2/5/2018).

Nyoman Wirna Ariwangsa yang juga menjabat Sekda Tabanan ini mengungkapkan, dalam diklat ini, para kasir koperasi tidak hanya dilatih dalam bidang pembukuan saja, namun juga diberikan pembekalan manajemen hingga pengoperasian komputer.

"Banyak koperasi di Tabanan yang tidak bisa berkembang karena kasirnya tidak berkompeten. Dengan adanya diklat ini, ke depan koperasi di Tabanan tenaga kasirnya semua berkompeten," katanya berharap.

Ditemui secara terpisah, Ketua Panitia Diklat I Wayan Westa mengungkapkan diklat untuk kasir koperasi diikuti 30 orang peserta, utusan  dari koperasi seluruh Kabupaten Tabanan. "Narasumber diklat dari Dekopinda, Dinas Koperasi dan UKM serta tenaga profesional dari akademisi," katanya.

Menurut Westa, selama diklat peserta akan menerima berbagai materi dari para narasumber. Di antaranya adalah Kebijakan pemberdayaan koperasi dan UKM, Gerakan dan tantangan pengembangan koperasi, SKKNI Koperasi, Dasar-dasar Manajemen, Prinsip-prinsip Pengelolaan organisasi dan manajemen KJK, Teknik Komunikasi,Pengelolaan tabungan dan operasional komputer. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi